Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Timnas Indonesia Harus Berbenah

Ricky Kambuaya (kanan) saat melawan Filipina.

MANILA – Timnas Indonesia hanya menang tipis 2-1 saat melawan  Filipina dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1) malam WIB.

Indonesia sejatinya butuh banyak gol ke gawang Filipina, demi bisa mengalahkan Thailand dalam perburuan puncak klasemen. Namun upaya itu gagal, lantaran  Tim Garuda hanya bisa mencetak gol lewat Dendi Sulistyawan dan Marselino Ferdinan, yang dibalas satu gol Jan Rasmussen.

Di waktu yang bersamaan, Thailand sukses menaklukkan Kamboja 3-1 di Thammasat Stadium. Gajah Perang pun melaju ke semifinal dengan status juara Grup A mengungguli Indonesia.

Timnas Indonesia dalam laga itu tampil menyerang. Opta mencatat, anak asuh Shin Tae-yong melancarkan 20 kali tembakan percobaan. Dari 20 tembakan percobaan itu, hanya 7 yang shoot on target dan berbuah 2 gol. Bahkan 14 tembakan dari total 20 percobaan dibuat Indonesia di kotak penalti.

Tumpulnya lini depan Indonesia di kotak penalti lawan amat disesalkan pelatih Shin Tae-yong. Dia merasa skuadnya banyak menyia-nyiakan peluang. “Mulai dari lawan Kamboja ada 3 peluang terbuang. Setiap pertandingan saya peringatkan jangan buang peluang, tapi masih terjadi, karena itu saya kecewa,” kata Shin Tae-yong.

Selain masalah finishing, kesalahan mengambil keputusan juga mewarnai laga ini. Salah satunya Ricky Kambuaya yang bermain egois dalam situasi 1 lawan 2 di menit-menit akhir laga.  Ia memilih membawa bola sendiri ketimbang mengoper ke Ilija Spasojević yang membuka ruang dalam situasi serangan balik.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media