Tim Inggris Akhirnya Mundur dari Liga Super Eropa

Skuad Liverpool yang juga ikut mundur dari Liga Super Eropa. (foto ist)

LONDON –  Seluruh tim Liga Inggris memutuskan mundur dari proyek Liga Super Eropa atauEuropean Super League. Hal ini terjadi usai munculnya penolakan dari berbagai pihak.

Manchester CityManchester UnitedLiverpoolArsenalTottenham Hotspur dan Chelsea menjadi tim Premier League yang menggagas European Super League. Keenam klub itu bersama Real MadridBarcelonaAtletico MadridInter Milan, dan AC Milan mendeklarasikan European Super League, Senin (19/4).

Adalah Florentino Perez selaku Presiden Liga Super Eropa yang secara resmi mengumumkan 12 klub Eropa yang berasal dari tiga negara tersebut.

Liga Super Eropa rencananya bakal diikuti 20 tim dan digadang-gadang sebagai ajang tandingan Liga Champions. Tidak ada sistem promosi dan degradasi di kompetisi tersebut, serta para peserta akan mendapat dana segar hingga Rp6 triliun.

Laga Manchester City kontra Chelsea. Kedua tim juga ikut mundur dari Liga Super Eropa. (Ft ist)

Kompetisi itu pada akhirnya menuai kecaman banyak pihak. Ke-12 klub dinilai membuat kompetisi eksklusif, cuma mengejar uang, dan mengabaikan suara suporter.

Manchester City menjadi tim penggagas pertama yang mundur dari European Super League, Rabu (21/4) dinihari WIB. “Manchester City Football Club dapat mengonfirmasi bahwa mereka telah secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana European Super League,” begitu isi pernyataan resmi Man City

 Tak lama setelah Manchester City merilis pernyataan resmi pengunduran diri, tim-tim Inggris lainnya mengikuti jejak The CitizensLiverpoolManchester UnitedArsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea sepakat menarik diri dari European Super League.

Liverpool menyatakan keterlibatan mereka dalam proyek European Super League telah dihentikan.  Dilansir dari laman Sportbible, Rabu (21/4), situasi ini menginisiasi kapten Liverpool, Jordan Henderson untuk melakukan pertemuan darurat dengan para kapten dari klub-klub Liga Inggris lainnya.

Sumber yang sama mengatakan Henderson ingin mengumpulkan para kapten untuk menyamakan pandangan mereka terkait kompetisi Liga Super Eropa.

Sementara itu, MU memutuskan tak ambil bagian usai mendengarkan suara dari fans, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

Arsenal mengakui mereka telah ‘membuat kesalahan’ dan meminta maaf atas hal itu, sedangkan Tottenham mengumumkan penarikan diri dari pengembangan European Super League.

Chelsea diketahui mendapat “sambutan” tak menyenangkan dari suporternya saat menjamu Brighton & Holve Albion di Stamford Bridge, Rabu (21/4) dinihari WIB. Suporter The Blues berkerumun di depan stadion menuntut klub kesayangannya mundur dari European Super League.

“Seperti yang diberitakan malam ini, Chelsea Football Club bisa mengonfirmasi bahwa klub sudah memulai proses penarikan diri dari European Super League. Setelah bergabung dengan liga itu pekan lalu, kini kami punya banyak waktu untuk mempertimbangkan secara matang dan memutuskan bahwa keikutsertaan kami di sana tidak sesuai dengan keinginan klub, suporter, dan komunitas sepakbola di seluruh dunia,” ujar pernyataan resmi klub.

 UEFA dan FIFA selaku otoritas sepakbola di Eropa dan dunia menolak pembentukan European Super League. Kedua federasi itu bahkan mengancam para klub dan pemain yang bermain di sana dengan sanksi larangan bertanding di Liga Champions dan Piala Dunia.

Pihak European Super League pun mau tak mau mesti menangguhkan rencana. Mereka lantas mengeluarkan pernyataan bahwa saat ini tengah mengambil waktu untuk melakukan penyesuaian terhadap proyek tersebut.

“Terlepas dari pernyataan mundur klub-klub Inggris, dipaksa untuk mengambil keputusan-keputusan semacam itu karena tekanan pada mereka, kami yakin proposal kami sepenuhnya sejalan dengan hukum dan aturan-aturan Eropa sebagaimana ditunjukkan hari ini lewat keputusan pengadilan untuk melindungi Liga Super dari aksi-aksi pihak ketiga.

Sebagai catatan, Liga Super Eropa sendiri diperkirakan bergulir per Agustus 2021. Kompetisi ini sebenarnya sudah diajukan bergulir sejak 1990-an. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp