Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Tim Gabungan Cari 5 Penumpang, Pilot Susi Air dan 15 Pekerja Poryek yang diduga Disandera KKB

Brigjen JO Sembiring.

JAYAPURA – Satgas Operasi Damai Cartenz menggelar operasi pencarian terhadap lima penumpang dan satu pilot pesawat Susi air yang diduga dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris pimpinan Egianus Kogoya.

Tim gabungan juga sedang berupaya mencari keberadaan 15 orang pekerja pembangunan Puskemas yang diduga disandera KKB Papua.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring mengatakan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi untuk melakukan pencarian dan menyelamatkan mereka.

“Tim gabungan sedang melakukan langkah-langkah taktis dan teknis untuk mencari serta menyelamatkan pilot serta masyarakat,” kata Brigjen TNI JO Sembiring, kepada wartawan dikutip dari Antara, Rabu (8/2).

Jenderal Kopassus tersebut, saat ini sudah berada di Timika untuk melakukan kordinasi dan pencarian korban KKB.

Sebelumnya Komandan Satgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Rahmadani secara terpisah mengaku, Distrik Paro, Kabupaten Nduga merupakan basis dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Egianus dan kelompoknya termonitor sudah enam bulan berada di Paro dan di wilayah itu memang tidak ada aparat keamanan,” jelas Kombes Faizal.

KKB pimpinan Egianus, dilaporkan menyandera 15 pekerja bangunan yang sedang membangun puskesmas di Paro, dan Selasa (7/2) pagi dilaporkan membakar pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY dengan pilot Philip Merthens berkebangsaan Selandia Baru. Pesawat melayani penerbangan subsidi dari Timika-Paro membawa lima orang penumpang termasuk seorang bayi. Lima penumpang pesawat milik Susi Air yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge,Meita Gwijangge dan Wetina W. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media