Tuesday, 16 April 2024

Search

Tuesday, 16 April 2024

Search

Tanzania Ajak PLN Bangun Sistem Kelistrikan Afrika Timur

Menteri Energi Tanzania January Makamba dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

JAKARTA  – Kementerian Energi Tanzania berencana menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) untuk pengembangan sistem kelistrikan di Afrika Timur.

Menteri Energi Tanzania January Makamba menyatakan,  saat ini Afrika Timur, khususnya Tanzania, memiliki komitmen dalam mendukung pengurangan emisi global. January menjelaskan dengan pertumbuhan ekonomi maupun investasi di Tanzania membuat wilayah ini membutuhkan pasokan listrik yang andal.

“Track record PLN terkenal seantero wilayah. Hal ini membuat kami yakin PLN mempunyai kekuatan dalam menghadirkan listrik yang andal bagi kami,” ujar January dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/2).

January mengatakan terutama dalam pengembangan energi bersih dan transformasi digital yang dilakukan PLN menjadi alasan kuat untuk Tanzania memilih PLN sebagai partner dalam pengembangan kelistrikan di wilayah Afrika Timur.

Diungkapkan January, Tanzania saat ini memiliki potensi sumber daya air dan panas bumi yang mampu dikembangkan sebagai pembangkit listrik. “PLN mempunyai kompetensi dalam dua sektor tersebut, kami percaya PLN bisa membantu kami dalam hal ini,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambut baik kerja sama dari pemerintah Tanzania tersebut. Ia melihat adanya peluang bisnis yang bisa dikembangkan bersama.

Darmawan mengakui, PLN bukan sekali dua kali melakukan kerja sama dengan berbagai pihak internasional, maka peluang kerja sama ini menjadi ceruk pengembangan baru dalam sektor kelistrikan.

“Kita sudah bekerja sama juga dengan Malaysia terkait pengembangan sistem kelistrikan. Kami juga sudah pergi ke Korea Selatan, Jepang dan  Tiongkok untuk bisa kolaborasi dalam investasi,” kata Darmawan.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media