Tuesday, 03 October 2023

Tuesday, 03 October 2023

Tak Ada Penutupan Jalan, Ini Rekayasa Lalin Di Thamrin Mulai 12 Februari


Rekayasa lalu lintas di Jl.Thamrin.

JAKARTA- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sepanjang Jalan MH Thamrin. Rekayasa lalu lintas diterapkan sehubungan berjalannya proyek MRT Fase 2 rute Stasiun Bundaran HI hingga simpang Harmoni.
Adapun lokasi pekerjaan yang berdampak pada rekayasa lalin berada Jalan MH Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur Monumen Nasional atau Patung Kuda sampai Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia. Waktu pengerjaan dimulai pada 12 Februari hingga 15 Juni 2023.
“Untuk menunjang pekerjaan tersebut akan dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai pentahapan pekerjaan sebagai berikut,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Jumat (10/2).
Rekayasa lalin tersebut diterapkan terkait proyek Stage 1-4A. Pihak MRT akan mengerjakan power blender untuk perbaikan stabilitas tanah, pekerjaan dinding pembatas untuk konstruksi dinding diafragma sisi Barat-pulau Selatan, pekerjaan jet grouting untuk perkuatan tanah, instalasi king post stasiun sisi Barat, instalasi decking di sisi Timur.
Rekayasa lalin akan diterapkan selama konstruksi berlangsung. Berikut rinciannya:
– Lalu lintas dari arah barat (Tanah Abang) menuju arah timur (Senen) masih dapat melewati simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam.
– Lalu lintas dari arah timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia (HI).
– Lalu lintas dari arah timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.
– Lalu lintas dari arah timur Jalan KH Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.
– Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H Agus Salim yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.
– Rute Angkutan TransJakarta 5M (Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.
– Rute Angkutan Transjakarta 1R (Terminal Senen-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Tak Ada Penutupan Jalan
PT MRT Jakarta memastikan tak ada penutupan jalan selama proyek ini berlangsung. Sehingga sepanjang MH Thamrin arah Bundaran HI hingga Patung Kuda maupun sebaliknya tetap bisa dilewati.
“Tidak ada penutupan jalan, namun dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas tahap 1-4B yang secara umum memiliki konfigurasi jalur kendaraan yang sama dengan kondisi saat ini (tahap 1-4A),” kata Corsec MRT Jakarta Ahmad Pratomo saat dikonfirmasi, Jumat (10/2). ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media