Thursday, 18 April 2024

Search

Thursday, 18 April 2024

Search

Tahir Foundation Dan Bill Gates Foundation Tandatangani Nota Kesepahaman, Donasikan Dana Sebesar 16,5 Juta Dolar AS

Dato’ Sri Prof. Dr Tahir dan Dr Chris Elias seusai menandatangani MoU.

Bantuan Untuk Penanggulangan TBC, Polio, Malaria, AIDS  dan Perbaikan Sanitasi

JAKARTA (IM)—Anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) sekaligus Founder Mayapada Group Indonesia dan Filantropis Dato’ Sri Prof. Dr Tahir mewakili “Tahir Foundation” dan President of the Global Development Division of Bill & Melinda Gates Foundation, Kamis (8/6) lalu melakukan penandatanganan nota kesepahaman bantuan senilai 16,5 juta dolar AS di lantai tiga Mayapada Tower 1 Jakarta.

Bantuan tersebut untuk penanggulangan TBC, polio,  malaria, pencegahan dan pengendalian AIDS, keluarga berencana serta perbaikan sanitasi. Diharapkan berbagai proyek ini dapat mempercepat kemajuan di bidang kesehatan global, termasuk gizi. Kerja sama ini berlangsung dari tahun 2023 hingga 2024.

Tokoh yang hadir menyaksikan penandatanganan tersebut antara lain Director of the India Office of the Bill & Melinda Gates Foundation M. Hari Menon, Regional Representative for South and Southeast Asia of Bill and Melinda Gates Foundation Jamal ‘Ahmed’ Khan, Director and Senior Consultant di Inke Maris & Associates Dr. Widyaretna Buenastuti, Deputy Director of Nutrition of Bill and Melinda Gates Foundation Leonie Johanna Vierck, Associate Program Officer for Bill & Melinda Gates Foundation Liz Blakeley dan Public Affairs Manager Fitri Yuliarti.

         “Saat ini saya menjabat sebagai salah satu dewan komisaris Departemen Tuberkulosis WHO di Swiss, dan juga merupakan satu-satunya perwakilan yang sah asal Indonesia. Bantuan senilai 16,5 juta dolar AS ini didistribusikan selama periode 1 tahun dan digunakan untuk pemberantasan berbagai penyakit antara lain pemberantasan polio, diagnosa tuberkulosis serta perbaikan sanitasi,” ujar Dato’ Sri Prof. Dr Tahir

         Lebih lanjut dia mengatakan, Tahir Foundation didirikan pada tahun 2013. Dari tahun 2013 hingga 2023, Tahir Foundation dan Bill & Melinda Gates Foundation masing-masing mendonasikan 100 juta dolar AS untuk membentuk dana amal medis senilai 200 juta dolar AS yang digunakan bagi pemberantasan polio, tuberkulosis, malaria, pencegahan dan penanggulangan AIDS serta penyelenggaraan keluarga berencana di Indonesia dan negara lainnya.

75% dari dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan pengobatan dan kesehatan di Indonesia, dan 25% sisanya akan digunakan untuk kesehatan dan pencegahan wabah di negara tetangga Indonesia.

         “Kami telah bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation selama 10 tahun. Tahir Foundation telah berpartisipasi aktif dalam donasi amal selama sepuluh tahun terakhir, termasuk membantu warga kurang mampu dengan perawatan medis, memberikan beasiswa, penanggulangan bencana dan lainnya,” kata Dato’ Sri Prof. Dr Tahir

“Tujuan pribadi saya adalah bagaimana mengundang organisasi internasional, termasuk badan amal internasional untuk merekomendasikan Indonesia. Indonesia sangat membutuhkan dana global. Beberapa rumah sakit di Indonesia juga telah menerima bantuan dari organisasi amal internasional. Terutama saat ini adalah bagaimana meyakinkan badan amal asing bahwa dana bantuan kita ini akan digunakan untuk proyek yang tepat,” imbuhnya.

Dr Chris Elias mengaku sangat senang bekerjasama dengan Tahir Foundation dalam sepuluh tahun terakhir. Menurutnya, Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan jumlah penderita tuberkulosis terbesar di dunia. Memperbaiki kegiatan diagnosa  Tuberculosis adalah hal yang sangat mendesak.

Dia berharap melalui kerja sama kedua pihak ini, jumlah penderita tuberkulosis di dunia, termasuk Indonesia dapat dikendalikan.

Kedua, memberantas pasien polio di seluruh dunia secepat mungkin sekaligus memperbaiki kondisi sanitasi.

“Saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Dato’ Sri Prof. Dr Tahir, seorang pengusaha Indonesia yang mau beramal dan bermanfaat bagi masyarakat demi memberikan kontribusi bagi negara,” pungkasnya. jhk/din

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media