Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

T.I.T.D Low Lie Bio Semarang Peringati Hari Kesempurnaan Dewi Kwan Im Dengan Doa Bersama Untuk Negeri Tercinta

Pengurus Yayasan Kebun Jeruk, Cia dan Hu Locu serta pemimpin ritual berfoto bersama di depan ruang altar Kelenteng Low Lie Bio Semarang , Jumat (4/8) malam.

SEMARANG—Harumnya aroma hio tercium lembut di sebuah kelenteng  yang terletak di daerah perbukitan kecil  di Jalan Roro Jonggrang Timur XIII Kecamatan Semarang – Barat, Kota Semarang,  Jawa Tengah pada Jumat (4/8) malam lalu, ketika kita memasuki kawasan tersebut sangat terasa.

Tampak ratusan umat Tri Dharma (Buddhis, Tao dan Khonghucu) hilir mudik memegang dupa sambil bersembahyang di ruang altar depan Kimsien Dewi Kwan Im  (Dewi Welas Asih atau Yang Suci Kwan Se Im Po Sat ) yang merupakan tuan rumah di T.I.T.D Low Lie Bio atau Kelenteng Kebun Jeruk Semarang.

Menurut Ketua Yayasan Kebun Jeruk Semarang Indra Satya Hadinata didampingi Cia – Hu Locu Untung Cahyadi dan Octaviany Samudra, bahwa mereka para umat yang hadir malam itu ada yang datang dari luar kota selain dari Jawa Tengah, bahkan ada yang dari Jakarta, Bandung , Surabaya dan kota lainnya guna mengikuti acara rutin peringatan HUT Kesempurnaan Yang Suci Kwan Se Im Po Sat ini.

Suasana doa bersama HUT YS. Kwan Se Im Po Sat di T.I.T.D Low Lie Bio Semarang , Jumat (4/8) malam.

Tepat pukul 19.00 WIB bunyi tambur menggema  pertanda acara doa bersama akan di mulai, dan satu persatu umat bergegas menempatkan diri di ruang altar.

Tak lama berselang pemimpin doa yaitu Pandita Dhamma Amaro beserta murid – muridnya sudah berdiri sejajar di depan meja altar, tak lama kemudian mulai terdengar lantunan parita-parita suci berkumandang dengan syahdu dan diikuti oleh para pengurus Yayasan, Cia dan Hu Locu serta ratusan umat yang hadir.

Setelah itu di lanjutkan dengan doa-doa khusus buat Bangsa dan Negara Tercinta ini, dgn harapan kelak agar Indonesia dapat menjadi negara yg maju dan sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Serta Pemilu 2024 yang akan datang bisa berjalan dengan sukses, aman,  lancar dan kondunsif. Doa bersama berlangsung sekitar 1,5 jam dan diakhiri dengan prosesi pradaksina yaitu para umat berbaris di belakang Pandita berjalan mengelilingi altar Dewa-Dewi sambil menghormat kepada Thian, para Hudcow dan Sien beng sebanyak 3 kali.

Lalu acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah sambil makan malam bersama dengan di hibur oleh Solo Organ dengan artis penyanyi-penyanyi dari ibu kota Jawa Tengah.

Tepat pukul 21.00 WIB sebagai tradisi di Low Lie Bio  disetiap Lak Gwee 19, yaitu diadakan pemilihan Cia dan Hu Locu baru untuk periode tahun 2023 – 2024 melalui pwa-pwee yg diikuti oleh 24 orang pendaftar, demikian disampaikan oleh Titin Bendahara yys didampingi Ari Wibowo selaku wakil bendahara.

Sebagai puncak acara dan sekaligus  penutup seluruh rangkaian acara pada malam itu, tepat pukul 24.00 WIB diadakan upacara  kebesaran yang diikuti oleh para pengurus, Cia/Hu Locu yang lama dan yang baru terpilih serta para Umat yang masih hadir di sana selama kurang lebih setengah jam lamanya lalu mereka berpamitan utk pulang ke rumahnya masing – masing. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media