Saturday, 15 June 2024

Search

Saturday, 15 June 2024

Search

Stafsus Presiden Grace Natalie : Sejarah Pertama Kali Piala Presiden Diperebutkan pada Kejuaraan Dunia Barongsai

Pemukulan tambur menandai dibukanya “1st FOBI World Barongsai Championship 2024”.

Pembukaan 1st FOBI World Barongsai Championship 2024

JAKARTA—Kejuaraan dunia barongsai bertajuk “1st FOBI World Barongsai Championship 2024”, Jumat (17/5) lalu resmi dibuka Grace Natalie selaku Staf Ahli Presiden Joko Widodo, di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Para tokoh yang hadir berfoto bersama di panggung.

         Hadir dalam prosesi pembukaan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, Ketua Umum  PB FOBI (Federasi Olahraga barongsai Indonesia) Edy Kusuma,  tokoh masyarakat Tionghoa Didi Dawis,    Haris Chandra, Shen Dong Sen (Ketua Forum Olahraga Barongsai Tiongkok), Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta dan sejumlah tokoh lainnya.

         Ajang “1st FOBI World Barongsai Championship 2024” ini diikuti 10 negara dan wilayah yaitu tuan rumah Indonesia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam, Tiongkok,   Australia dan Taiwan.

Grace Natalie, Edy Kusuma, Wamenhan M Herindra, Hasan Karman, Wilianto Tanta dan tamu kehormatan lainnya.

Terdapat 550 atlet dari 58 tim. Para atlet bersaing menjadi yang terbaik pada pertandingan selama tiga hari, Jumat (17/5) hingga Minggu (19/5).

“Sejarah telah tercatat di tempat ini. Sejarah dimana pertama kali Piala Presiden diperebutkan pada Kejuaraan Dunia Barongsai,” kata Grace Natalie saat pembukaan, mewakili Presiden Jokowi.

KI-KA:  Didi Dawis,  Edy Kusuma, dan Shen Dong Sen.

Menurut Grace, event ini bukan hanya sekadar kompetisi olahraga saja. Apalagi, putra-putri anak bangsa dari beragam suku ikut terlibat serta prajurit TNI dan Polri.

“Kita bangga melalui event ini ada pengakuan nasional bahwa suku Tionghoa dan budayanya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan ragam budaya Indonesia. Ini artinya persatuan dan kesatuan anak bangsa direkatkan,” kata Grace Natalia.

Haris Chandra (kiri) bersama Shen Dong Sen dan tokoh lainnya.

Mantan presenter televisi nasional ini berharap, atlet-atlet Barongsai Indonesia bisa mengukir prestasi membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa.

Salah satu penampilan tim Lion Dance.

Tiga Kategori

Kejuaraan dunia barongsai ini memperlombakan tiga kategori. Pertama, kategori Barongsai (Southern Lion Dance) yang memperebutkan Piala Presiden RI. 

Kedua, kategori Pekingsai (Northern Lion Dance) memperebutkan Piala Menpora RI. Ketiga, kategori Naga (Dragon Dance) memperebutkan Piala Menhan RI.

Edy Kusuma memberikan keterangan pers.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma menyampaikan, ajang 1st FOBI World Championship 2024 ini digelar dalam upaya mendukung program sports industry and sports tourism (Industri olahraga dan wisata) yang digalakkan pemerintah.

Penampilan tim Lion Dance dengan rintangan.

“Targetnya sih kita bisa meraih gelar juara umum. Apalagi, prestasi Barongsai Indonesia cukup bagus dan sudah beberapa kali meraih medali emas pada event internasional,” kata Edy seraya  menyebut even ini sebagai upaya untuk lebih meningkatkan prestasi Barongsai.

Salah satu penampilan tim Lion dance.

PON 2024

KONI Pusat telah memasukkan barongsai dalam pertandingan eksebisi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

“Ini merupakan kebanggaan Barongsai masuk dalam multi event nasional. Kita ingin barongsai Indonesia bisa lebih menonjol lagi lewat pelaksanaan Kejuaraan Barongsai Dunia 2024,” ujar Edy Kusuma. lus

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media