Spanyol Susah Payah Kalahkan Georgia

Daniel Olmo (kiri) jadi penentu kemenangan Spanyol atas Georgia. (foto ist)

TBILISI – Tim nasional Spanyol meraih kemenangan  atas tuan rumah Georgia, 2-1, pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup D di Boris Paichadze Stadium, Senin (29/3) dinihari WIB.

Spanyol tertinggal lebih dulu setelah Georgia mencetak gol pada menit ke-43 lewat sepakan Khvicha Kvaratskhelia, tim tamu baru menyamakan kedudukan pada menit ke-56 lewat gol Ferran Torres. Kemenangan Spanyol ditentukan oleh Daniel Olmo di injury time.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengatakan, dirinya nyaris terkena serangan jantung setelah Spanyol mengalahkan Georgia 2-1. Kemenangan itu penting untuk kepercayaan diri Spanyol.

Enrique merayakan gol tersebut dengan gila-gilaan di pinggir lapangan. Pasalnya di laga pertama cuma seri melawan Yunani 1-1.

“Saya di ambang serangan jantung. Kami sudah kehilangan kepercayaan diri dan Anda bisa melihatnya di babak pertama. Kami membuat sebuah kesalahan kecil bertahan dan sudah tahu itu akan rumit sejak saat itu. Niat kami tadinya itu memainkan lebih banyak operan di dalam dan menciptakan lebih banyak peluang,” kata Enrique seperti dikutip AS. 

Meski menang, Spanyol tidak lantas bebas kritik. Pasalnya, Spanyol kesulitan menghadapi Georgia, yang bertengger di peringkat 89 FIFA. “Tentu saja. Kalau orang-orang berpikir kami tidak layak mendapatkannya, maka saya tidak peduli. Kalau Anda mencetak gol di menit ke-90 sekian itu karena Anda sudah bekerja keras untuk golnya. Setiap kemenangan akan mengangkat moral kami tapi kami tidak boleh santai sekarang,” kata Enrique

Dani Olmo menjadi sorotan dalam laga itu. Ia menjadi pahlawan kemenangan timnya. Golnya begitu krusial bagi La Furia Roja yang membutuhkan kemenangan. Gelandang RB Leipzig ini mencetak gol indah lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

 Olmo yang baru dimainkan selepas jeda tampil menawan di laga ini. Ia mampu mengubah permainan Spanyol yang melempem di babak pertama. Dikutip dari WhoScored, Olmo melepas dua tembakan, mencatatkan akurasi umpan sukses sebesar 85 persen dan melakukan tiga kali tekel.

Gelandang 22 tahun tersebut mendedikasikan gol ke gawang Georgia kepada para penggawa Spanyol lainnya. Ia menilai hasil di markas Georgia ini sangat krusial untuk Spanyol yang membutuhkan kemenangan.

“Saya mendedikasikan gol itu untuk seluruh tim karena kami membutuhkan kemenangan itu. Saya sangat senang pertandingan berakhir seperti itu. Sangat sulit untuk menjelaskan bagaimana rasanya sekarang, ini unik,” ujar Olmo dikutip dari situs resmi UEFA.

Spanyol saat ini mengumpulkan empat poin dan berada di peringkat kedua Grup D. Mereka tertinggal dua angka dari Swedia di puncak klasemen.

Swedia yang memakai kembali penyerang veteran, Zlatan Ibrahimovic saat menghadapi Kosovo di Stadion Fadil Vokrri, menang telak 3-0 lewat aksi Ludwig Augustinsson, Alexander Isak, dan penalti Sebastian Larsson.

Di Grup C, Italia memetik kemenangan 2-0 atas Bulgaria. Gol-gol Gli Azzurri diciptakan oleh Andrea Belotti dan Manuel Locatelli.

Italia masih sempurna di puncak klasemen Grup C dengan enam poin. Swiss menyusul di belakangnya dengan jumlah poin sama, hanya kalah selisih gol.

Di Grup D, Prancis kembali ke jalur kemenangan usai hanya bermain imbang dengan Ukraina di laga pertama. Menghadapi Kazakhstan di pertandingan kedua, Les Bleus menang dengan skor 2-0.

Sementara itu, hujan gol terjadi di Grup F. Denmark pesta delapan gol ke gawang Moldova. Sementara Austria menang 3-1 atas Kepulauan Faroe.

Inggris melanjutkan start positifnya di kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Albania 2-0 di laga kedua Grup I. Jerman juga meraih kemenangan di Grup J usai menunudukkan Rumania 1-0.

Hasil-hasil lainnya adalah, Grup C:  Swiss 1-0 Lithuania; Grup D: Ukraina 1-1 Finlandia; Grup F: Denmark 8-0 Moldova, Austria 3-1 Kepulauan Faroe, Israel 1-1 Skotlandia; Grup I: San Marino 0-3 Hongaria, Polandia 3-0 Andorra; Grup J: Rumania 0-1 Jerman, Makedonia Utara 5-0 Liechtenstein dan Armenia 2-0 Islandia. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp