Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Spanyol Siap Lakoni Laga Sengit Melawan Kroasia  

BERLIN –  Spanyol ditantang  Kroasia  pada matchday 1 Grup B EURO 2024 yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (15/6) mulai pukul 23.00 WIB.  Laga nanti bakal menjadi duel antara tim Matador Muda melawan skuad berpengalaman milik Kroasia.

Pertandingan diprediksi bakal berlangsung sengit terutama duel di lini tengah. Kedua tim punya deretan gelandang berkualitas.

Di EURO 2024, Spanyol memang mengerahkan mayoritas pemain muda berbakat. La Furia Roja diisi pemain seperti Lamine Yamal, Pau Cubarsi, Pedri, Nico Williams dan lainnya.

Sementara Timnas Kroasia membawa skuad yang tidak banyak berubah sejak Piala Dunia 2018. Deretan nama besar seperti Luca Modric, Marcelo Brozovic dan Matteo Kovacic, masih menjadi tumpuan timnas berjuluk Vatreni.

Timnas Spanyol mengincar gelar Piala Eropa ke-4 sepanjang sejarah.  Walau tim muda Spanyol  sebagian besar diisi pemain minim pengalaman, namun  masih ada nama-mana seperti Dani Carvajal, Jesus Navas, Rodri, Unai Simon dan Alvaro Morata, yang sudah  matang dalam mengikuti ajang internasional.

Pelatih Spanyol Luis de la percaya diri skuad muda mereka bisa bersaing dengan tim-tim kuat di EURO 2024. Namun demikian menghadapi Kroasia jelas tidak akan mudah, karena Modric dan kawan-kawan terbilang tim yang kompak dan sudah bersama selama bertahun-tahun.

“Saya optimistis kami bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara EURO 2024. Kami harus selalu bersaing dan berada dalam posisi menang di setiap pertandingan. Tapi, saya juga mengagumi mentalitas pemain Kroasia. Mereka adalah gambaran dari persatuan dan kebanggaan dari sebuah tim nasional,” kata De la Fuente.

Pedri bakal menjalankan peran yang berbeda  kali ini.  De La Fuente, akan mendorong Pedri lebih ke depan. De La Fuente, bakal mengandalkan Pedri untuk beradu kreativitas dengan Modric, kapten Kroasia.  

Gelandang Barcelona ini lebih banyak bermain di tengah saat membela klubnya. Namun bersama Spanyol, De La Fuente ingin Pedri lebih banyak terlibat dalam menyerang.

Kemampuan Pedri dalam melepas umpan dan membaca permainan bakal dioptimalkan oleh De La Fuente. Ia menegaskan gelandang 21 tahun ini adalah pemain yang penting untuk Spanyol.

“Kami ingin dia bermain lebih dekat ke area penalti, di antara lini, untuk memanfaatkan umpannya. Saya pikir kami bisa mendapatkan banyak keuntungan dari itu. Saya berterima kasih kepada Pedri, dia adalah contoh dari pemain yang selalu bekerja keras dan belajar. Dia penting bagi semua orang,”   kata De la Fuente dikutip dari RFI

Di sisi lain, pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, memuji kualitas Timnas Spanyol. Meski diisi banyak pemain muda, La Furia Roja sempat mengalahkan Vatreni di final UEFA Nations League 2023 lewat adu penalti. Oleh karenanya di EURO 2024, langkah Kroasia tidak akan mudah.

Oleh karena itu Vatreni harus bisa menampilkan performa bagus sejak laga pembuka, jika ingin lolos ke babak knock out EURO 2024. “Kami berada di grup yang kuat di EURO 2024, bersama dengan Italia, dan Spanyol. Tapi, kami punya pengalaman melawan mereka dan kami menginginkan awal yang baik di Piala Eropa,” kata Dalic, dikutip dari laman resmi UEFA.

Dalic memiliki  Dominik Livaković (kiper); Josip Stanišić, Josip Šutalo, Marin Pongračić, Joško Gvardiol; Luka Modrić, Marcelo Brozović, Mateo Kovačić; Lovro Majer, Ante Budimir dan Andrej Kramarić. 

Spanyol dan Kroasia berpeluang sama-sama menggunakan formasi 4-3-3. La Furia Roja punya deretan pemain muda berbakat, termasuk Lamine Yamal yang berpotensi head to head dengan Josko Gvardiol, di kubu Vatreni.

Dari sisi head to head (H2H) Spanyol dan Kroasia saling mengalahkan dalam 5 pertemuan terakhir.  Tim Matador merebut 3 kemenangan, salah satunya di final UEFA Nations League via adu penalti. Kemudian 2 laga lainnya dimenangi Kroasia.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media