International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Sinar Mas Land Bangun Tiga Balai Pertanian Terpadu Guna Pengembangan  Sektor Pertanian di Kabupaten Bogor

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor, Dace Supriadi menandatangani peresmian Kemitraan Pertanian Lokal disaksikan Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata (kiri), Camat Rumpin, Ade Zulfahmi dan Head of CSR Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana.

BSD CITY –  Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menginisiasi program Kemitraan Pertanian Lokal (Local Farming Partnership). Program tersebut memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para petani di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  

Program Kemitraan Pertanian Lokal dijalankan guna mengoptimalkan pengembangan sektor pertanian dan ketahanan pangan di wilayah tersebut. Untuk menunjang program ini, Sinar Mas Land memberikan bantuan pembangunan Balai Pertanian Terpadu pada tiga titik lokasi yang berada di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor pada Rabu (19/10).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dony Martadisata kepada Camat Rumpin, Ade Zulfahmi  dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor, Dace Supriadi.

Foto bersama Dony Martadisata,  Maria Chatarina Octaviana,  Dace Supriadi,  Ade Zulfahmi beserta jajaran di sela-sela  acara peresmian Kemitraan Pertanian Lokal (Local Farming Partnership)  di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 Program Kemitraan Pertanian Lokal merupakan salah satu implementasi kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang ekonomi dan pemberdayaan masyarakat (community development) yang berwawasan lingkungan.  

Dony Martadisata mengatakan, program Kemitraan Pertanian Lokal merupakan salah satu wujud komitmen Sinar Mas Land untuk berkontribusi di bidang sosial sekaligus bermitra dengan warga lokal yakni para petani di wilayah Rumpin.

“Kegiatan tersebut menjadi upaya kami untuk turut berpartisipasi dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, selain juga mempergunakan lahan perusahaan sebelum dikembangkan, dengan memelihara tanah, menambah kesuburannya, dan mencegah terjadinya kerusakan, sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan,” kata Dony dalam keterangannya.

Ia menambahkan,  perseroan sudah melakukan program ini sejak 2021 dan bersinergi dengan para pemangku kebijakan serta masyarakat. Para petani yang bermitra dengan perusahaan dapat memanfaatkan lahan milik Sinar Mas Land di wilayah Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam periode kerja sama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. 

 Kemitraan Pertanian Lokal. 

Kemitraan Petani Lokal ini telah diikuti 317 petani dari Kecamatan Rumpin yang tersebar di tujuh desa di antaranya Mekar Sari, Kerta Jaya, Cipinang, Suka Mulya, Tamansari, Rumpin dan Kampung Sawah. Terapan program Kemitran Pertanian Lokal meliputi kemitraan pengelolaan lahan perusahaan seluas 149 hektare oleh mitra petani penggarap melalui pola pinjam pakai secara periodik, pembangunan Balai Pertanian Terpadu,

Green House Pertanian Hidroponik, dan Rumah Pupuk Organik. Rumah Pupuk Organik tersebut dikembangkan menjadi fasilitas bagi petani mitra untuk mengolah sampah organik dan kotoran hewan ternak menjadi pupuk organik. Setelah melalui serangkaian uji laboratorium, pupuk organik yang diproduksi petani mitra kini telah dikemas dan didistribusikan ke berbagai wilayah, khususnya dipergunakan untuk pemupukan di lahan-lahan pertanian sekitar.

Dalam program ini, para petani mitra dapat menanam berbagai jenis komoditas seperti sayuran hidroponik dan berbagai sayuran organik (kangkung, terong, selada, sawi, labu, cabai, tomat, timun, pare), umbi-umbian (singkong, ubi), kacang-kacangan (kacang tanah, kacang panjang, kacang sacha inchi), dan rempah (jahe merah, lengkuas, kencur, sereh), jeruk santang, pisang, pepaya, dan lain sebagainya.***

Vitus DP

Komentar