Sikat Luksemburg, Portugal Lanjutkan Tren Positif

Pemain Portugal saat melawan Luksemburg. (foto ist)

LUKSEMBURG –  Portugal  melanjutkan tren positif dengan membukukan kemenangan keduanya di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan mengalahkan Luksemburg 3-1.

Dalam laga di Stade Josy Barthel, Rabu (31/3) dinihari WIB, Luksemburg sempat unggul lewat Gerson Rodrigues. Namun, Portugal membalas tiga gol lewat Diogo Jota, Cristiano Ronaldo dan Joao Palhinha.

Hasil ini membuat Portugal memuncaki Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan 7 poin. Raihan Ronaldo dkk sama dengan Serbia, namun unggul selisih gol (+3 banding +2). Serbia sendiri sebelumnya cuma menang 2-1 atas Azerbaijan.

Meski menang, pelatih Portugal, Fernando Santos tak sepenuhnya puas. Ia mengaku tidak menyukai performa timnya pada awal-awal laga.

“Kami bermain bolak-balik. Tim yang tidak berbentuk, tanpa intensitas. Kualitas teknis tidak cukup, saya telah memberi tahu para pemain dan mereka tahu itu. Kami harus menyeimbangkan intensitas, dalam dinamika, dan menekan lawan. Ketika kami melakukan itu, kualitas teknis membuat perbedaan,” kata  Santos  di situs resmi FPF.

Namun ia menyukai cara timnya bereaksi, terutama setelah kebobolan gol. “Setelah gol kami bangun, kami bereaksi, kami naik dan mencetak gol. Itu penting. Pada babak pertama mengatakan kami harus mengubah sikap kami, menjaga kualitas teknis yang harus kami ekspresikan di lapangan. Di babak kedua kami memenangkan semua bola. Kita tim yang tahu cara bermain lapangan, banyak bertarung dan bekerja dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menyebut ada faktor kelelahan. “Tidak mudah untuk bermain setiap 70 jam dan itu terjadi. Pemain harus diberi selamat atas apa yang mereka lakukan dalam 60 menit, mereka juga brilian. Kami harus menjaga intensitas, bermain sesuai level kami sendiri, selalu dengan semangat dan organisasi. Kualitas selalu dilakukan dan akan membuat perbedaan,” tandasnya.

Khusus untuk Ronaldo, ia  punya hobi menjebol gawang Luksemburg.  Ronaldo sendiri sedianya nyaris bikin dua gol. Di menit ke-77, ia gagal memaksimalkan peluang satu lawan satu melawan kiper Luksemburg. Skor 3-1 bertahan hingga laga bubar.

 Bagi Ronaldo, koleksi golnya ke gawang Luksemburg kian bertambah. Ia sudah punya catatan 6 gol ke negara Eropa Barat itu. Ronaldo membuat 6 gol ke gawang Luksemburg dari 10 pertemuan. Gol pertamanya terjadi pada 2004.

 Dengan sudah membuat 6 gol, Ronaldo menjadikan Luksemburg lawan favoritnya. Sebab, jumlahnya cuma kalah dari Lithuania dan Swedia, yang sudah 7 kali ia jebol. Adapun Luksemburg sama dengan Andorra, yang sudah lima kali ia jebol.

Ronaldo menuliskan sesuatu di media sosial pribadinya setelah laga itu. Ia menilai, kemenangan  itu sangat penting untuk Portugal. “Kemenangan penting menuju tujuan kita. Selamat, Tim!” tulis Ronaldo. 

Hasil aga lainnya, Timnas Belanda berpesta gol saat bertemu Gibraltar di Grup G  yang digelar di Stadion Victoria, Rabu (31/3) dini hari WIB.  Belanda yang tampil dominan sepanjang pertandingan dengan melepaskan 34 tembakan dan 80 persen penguasaan bola itu, menang 7-0.

Kemenangan Belanda  ditentukan oleh Steven Berghuis, Luuk de Jong,  Memphis Depay (dua gol),  Georginio Wijnaldum, Donyell Malen dan   Donny van de Beek.

Dengan hasil ini, Belanda naik ke posisi kedua klasemen Grup G dengan enam poin. Sementara itu, Gibraltar terbenam di dasar klasemen dan belum mengumpulkan poin sama sekali.  Hasil lain di grup ini Montenegro 0-1 Norwegia dan Turki 3-3 Latvia.

Sementara itu, di Grup E,  Belgia mencatatkan kemenangan telak atas Belarusia, 8-0 di King Power at Den Dreef Stadion. Berkat kemenangan itu, Belgia memuncaki klasemen Grup E dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Mereka unggul tiga angka atas Republik Ceko yang ada di urutan kedua. Republik Ceko dikalahkan Wales, 0-1. Sementara Grup H: Siprus 1-0 Slovenia, Kroasia 3-0 Malta dan Slovakia 2-1 Rusia. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp