Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Siapa Capres Jagoan  PDIP di 2024? Megawati: Itu Urusan Gue …

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato di acara HUT Ke-50 PDI-P, Selasa 10 Januari 2023.

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ternyata  tidak mengumumkan nama calon presiden (Capres) yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024 pada peringatan HUT ke-50 PDIP di JI Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa (10/1).

.

“Ini orang sekarang nunggu. Makanya nggak dah dengan segala hormat saya pada temen saya partai lain saya mau konsolidasi rumah tangga saya saja,” ujar Megawati dalam pidatonya.

Awalnya, Megawati mengungkapkan jika acara HUT ke-50 PDI Perjuangan di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1) ini dihadiri oleh banyak wartawan.

“Katanya Hasto, wartawan yang daftar 150 orang dari dalam dan luar negeri. Karena ini seremonial 50 tahun,” jelas Megawati.

“Ini yang ditunggu-tunggu. Ini kalau orang taruhan, sudah bisa menang, yang diumumkan ibu siapa,” kata Megawati.

Megawati menegaskan bahwa dirinya belum akan mengumumkan perihal capres ini.

“Emangnya situ tepuk tangan, saya tergiur mengumumkan,” kata Mega ketika kadernya bertepuk tangan.

“Kan saya harus keren. Orang nungguin, saiki enggak ada,” katanya.

“Itu urusan gue,” lanjut dia disambut dengan riuh kader PDIP.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut  bahwa sosok capres yang akan diumumkan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri adalah kader partai sendiri. Jokowi mengaku bersyukur karena hal ini berarti Megawati betul-betul mempertimbangkan seluruh kader PDI-P sebagai calon pemimpin bangsa.

“Saya sangat senang sekali tadi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan bahwa calonnya adalah dari kader sendiri dan yang saya senang, mohon maaf Bu Mega, Bu Mega dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hati, betul-betul tenang dan tidak grusa-grusu seperti yang lain-lainnya,” kata Jokowi dalam acara tersebut.

Ganjar Diteriaki Presiden

Ganjar Pranowo saat tiba di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat Selasa (10/1) sekitar pukul 08.15 WIB langsung disambut ratusan kader yang sedang mengantre. Sorakan “Ganjar Presiden” pun menggema.

Para kader yang berasal dari seluruh daerah di tanah air itu antusias menyambut kedatangan Ganjar. Mereka berebut ingin bersalaman dengan Ganjar sambil meneriakkan ‘Ganjar Presiden’.

“Hidup Ganjar … Ganjar Presiden ….. Hidup PDIP…,” teriak massa.

Ganjar Pranowo saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Sebelumnya, dia pernah menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP periode 2004 hingga 2009 dan 2009 sampai 2013.

Nama Ganjar santer disebut-sebut sebagai calon presiden (capres) yang bakal diusung PDIP dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang, selain nama Puan Maharani. Selain itu, dalam hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei di Indonesia, nama Ganjar selalu memuncaki peringkat pertama elektabilitas capres.

Hal itu pun membuat Ganjar Pranowo dinilai banyak pihak sebagai kandidat terkuat untuk menjadi Presiden 2024. Perayaan HUT ke-50 PDIP dihadiri oleh seluruh kader dari seluruh penjuru daerah di Tanah Air. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga hadir dalam acara tersebut. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media