Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

Setelah Ada Posko, Warga Kini Buang Sampah ke Pinggir Jalan

Pemerintah Kota Tangerang telah melarang pembuangan sampah di tengah jalan raya, akibatnya justru masyarakat berpindah membuang sampah di pinggir jalan raya.

TANGERANG- Tabiat sejumlah warga membuang sampah sembarangan di jalan raya kawasan Ciledug, Kota Tangerang belum juga berubah. Padahal, sudah lebih dari dua pekan masalah sampah yang berjejer di tengah Jalan Raden Patah, Ciledug, ramai diperbincangkan dan menjadi sorotan. Pemerintah Kota Tangerang pun telah melakukan sejumlah langkah.  Pemkot membangun dua posko pantau sampah di dua titik, yakni dekat jembatan Kali Parung Serab dan seberang Perumahan Griya Ciledug. Sementara, di tengah jalan raya itu, dipasang plang peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan di sana karena itu bukan tempat pembuangan sampah (TPS).

Namun, kini masyarakat justru membuang sampah di pinggir jalan raya. “Iya sekarang makin ramai di sini (di pinggir jalan) buang sampahnya,” kata Eko warga sekitar yang kebetulan sedang melintas, Rabu (18/1).

“Iya kemarin-kemarin mereka pada buang di tengah (jalan raya), kan sekarang udah ada larangan, jadi mungkin mereka pindah (buang sampah) ke sini,” tambah dia.

Berdasarkan pantauan Selasa (17/1) malam, di sepanjang tengah jalan raya Jalan Raden Patah Ciledug, tak ada lagi sampah berjejer di separator tengah jalan raya seperti sebelumnya. Namun, usai diteliti lebih jauh, sampah-sampah masih banyak ditemukan di pinggir jalan.

Ada beberapa titik di jalan raya itu yang dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah.

Salah satu titik yang sampahnya menumpuk ada di seberang gang Kampung Pulo, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug.

Sejak sekitar pukul 23.30 WIB hingga pukul 24.59 WIB, terlihat tiga pengendara sepeda motor yang berhenti untuk membuang sampah di sana.

Salah satu pengendara motor bahkan membawa istri dan anaknya saat membuang sampah.

Saat berhenti di titik itu, sang anak bergegas turun dan membuang sebuah kantong plastik berwarna merah.

Pengendara lain terpantau menjatuhkan kantong plastik berwarna hitam besar yang berisi berbagai jenis sampah rumah tangga.

Titik pembuangan sampah di pinggir jalan ini memang cukup jauh dari dua posko yang didirikan oleh pemerintah daerah. Tidak terlihat adanya petugas yang berjaga atau berpatroli di sana. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media