Seperti Inikah Masker Pintar di Masa Depan?

          BEBERAPA tahun lalu mungkin kita tidak membayangkan jika masker akan jadi kebutuhan primer di hidup kita. Kita juga tidak mengira akan banyak merek fesyen dan merek teknologi menciptakan masker wajah saat ini. Perusahaan teknologi Razer yang biasanya menghadirkan piranti atau aksesoris gaming seperti mouse, keyboard dan speaker, bahkan menjadi salah satu “pemain” yang memproduksi masker. Dalam gelaran CES 2021, perusahaan itu mengungkap masker wajah pintar yang diberi nama Project Hazel. Karena judulnya “Project”, tentu saja masker pintar ini baru sebatas konsep dan belum dijual ke pasaran.

           Razer berharap, desain konsep masker yang dibuat mendapat respon dari pelanggan setianya, dan perusahaan akan mengembangkan produk lebih lanjut sambil melakukan uji coba ketat sebelum dirilis secara resmi. Perusahaan mengklaim Project Hazel sebagai masker wajah paling cerdas dan paling ramah sosial di dunia, karena bagian yang menutupi wajah dibuat transparan.

           Memang, dari segi desain, masker ini terlihat dapat memberi kenyamanan bagi pemakainya. Bagian depan masker yang transparan juga memudahkan seseorang membaca ekspresi orang lain saat berkomunikasi, dengan bantuan lampu interior yang akan menyala saat kondisi sekitar gelap atau tanpa cahaya.

           Masker pintar ini bisa dipakai kembali, dan dibekali perlindungan respirator N95 menggunakan ventilator tipe cakram yang bisa dilepas untuk dibersihkan dan diisi ulang.

           Desain tersebut adalah langkah yang diambil Razer untuk mengurangi limbah dari masker sekali pakai. Razer menanamkan Smart Pod pada masker untuk mengatur sirkulasi udara yang optimal, dan dilaporkan bisa menyaring sekitar 95 persen partikel di udara dan tahan cairan. Teknologi yang dibenamkan, Razer VoiceAmp merupakan mikrofon dan amplifi er internal yang membuat pemakainya bisa berkomunikasi lebih jelas.

           Saat ini, teknologi tersebut sedang dalam proses dipatenkan. Bagian ear loops atau pengait telinga bisa disesuaikan. Dan masker pintar ini juga memiliki pendingin udara aktif serta pengaturan untuk mengalirkan oksigen masuk dan membuang karbondioksida.

           Untuk sektor pencahayaan, perusahaan membenamkan Razer Chroma RGB yang menawarkan 16,8 juta warna dan rangkaian efek pencahayaan dinamis. Hasilnya adalah masker pintar yang futuristik dan penuh gaya yang cocok buat gaming.

           Jika Razer mengutamakan desain futuristik pada masker pintarnya, maka masker wajah yang dikenalkan Oakley cenderung lebih sederhana. Masker wajah MSK3, buatan peru sahaan kacamata dan apparel AS itu bersifat reusable atau dapat digunakan kembali, dan mampu melindungi pemakainya dari polusi partikel. Oakley melengkapi masker dengan fi lter tambahan untuk mengantisipasi paparan partikel yang lebih tinggi. Adapun saluran atau jalur khusus bagi pengguna kacamata, yang dibikin untuk mencegah penguapan, konstruksi bodi semi-rigid, dan paking berbahan silikon yang menjaga masker tetap menempel di wajah.

           Bagi yang tertarik untuk mendapatkan MSK3, bisa mengunjungi situs resmi Oakley. ● yan

Mika Urip

Mika Urip

Tulis Komentar

WhatsApp