International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Seniman Surabaya Rasmono Sudarjo akan Gelar Pameran Tunggal, Hasilnya Didonasikan

Rasmono Sudarjo.

SURABAYA–Nama Rasmono Sudarjo tidaklah asing bagi seniman Surabaya.

Dia terjun di dunia fotografi sejak 1972 yang kemudian juga menjadi pelukis. Dan lebih banyak melukis pemandangan serta kebudayaan Indonesia dan Tiongkok.

Menyelesaikan lukisan.

       Rasmono Sudarjo yang juga Ketua Surabaya Art Society ini bakal menggelar pameran tunggal di Hotel Double Tree by Hilton Surabaya dan Resto Hallo Surabaya, milik temannya. 

       “Kedua tempat itu berdekorasi suasana Surabaya, sehingga pas untuk pameran,” terang Rasmono yang berprofesi sebagai notaris dan aktif di banyak perkumpulan di Surabaya.

Mendiskusikan lukisan yang akan dipamerkan.

       Puluhan lukisan telah diselesaikan Rasmono, baik berukuran besar maupun kecil untuk pameran bertema Surabaya Tempo Dulu.

       “Saat pembukaan pameran nanti, satu lukisan yang laku akan saya sumbangkan ke salah satu yayasan di bawah naungan Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya,” ujar Rasmono yang telah menulis 10 buku perjalanan fotografi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

       Untuk memperkuat lukisannya, sebelumnya Rasmono melakukan pemotretan di sejumlah gedung bersejarah di Surabaya serta mengumpulkan foto-foto lama Kota Pahlawan ini. 

Salah satu lukisan pemandangan Surabaya lama.

       “Saya juga melakukan sharing dengan Pak Freddy H. Istanto dosen Universitas Ciputra yang memiliki kepedulian besar terhadap Heritage Surabaya,” imbuh Rasmono yang berharap pameran lukisannya disukai masyarakat terutama generasi muda untuk melihat kembali keindahan Surabaya di masa lalu.

. Lukisan pertempuran di Surabaya.

       Rasmono Sudarjo banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, baik karya lukis maupun foto. Terakhir ia mendapatkan gelar fotografi prestasi dari Amerika. vivi

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga