Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Sembilan Replika Naga Santo Yosep Siap Tampil di Imlek Singkawang

Pengurus Santo Yosep memperlihatkan sembilan replika naga yang akan ditampilkan pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang.

PONTIANAK- Sembilan replika naga buatan Santo Yosep Singkawang Group dipastikan akan ditampilkan pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang 2023 tahun ini.
“Saat ini sembilan replika naga masih dalam proses pembuatan, dua diantaranya sudah jadi dan sudah disimpan, ” kata Ketua Pembuatan 9 Replika naga, Bong Sin Fo, Senin (9/1).
Dia mengatakan, masing-masing naga memiliki 9 ruas. Untuk satu ruas panjangnya 3,9 meter x 9 meter ditambah kepala naga lebih kurang 2 meter.
“Sedangkan panjangnya masing-masing 37 meter,” tuturnya.
Untuk warna naga, katanya, ada yang berwarna gold, hijau, biru, merah, hitam, orange, kuning, pelangi 1 dan pelangi 2.
Menurut dia, lima warna pertama mewakili lima unsur yaitu mas, kayu, air, api dan tanah. “Sedangkan yang lainnya hanya untuk pelengkap saja.”
Sin Fo memastikan, pada H-3 perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Sembilan Naga akan rampung dan siap ditampilkan.
“Harus sudah siap semuanya,” katanya.
Sementara Wakil Ketua Umum Perayaan Imlek dan CGM Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap dengan sudah dicabutnya PPKM oleh Presiden RI, tentu akan menjadikan panitia lebih percaya diri untuk memeriahkan dan mensukseskan agenda nasional itu.
“Tentu kita akan lebih bersemangat untuk melaksanakannya dan akan kita persiapkan sebaik mungkin guna mensukseskan kegiatan nasional ini,” katanya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media