International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Selesai Jalankan Masa Tugasnya, Konjen Gu Jingqi Pamitan dengan Komunitas Tionghoa Surabaya

KI-KA : Yang Yuan Hui, Xie Ming Ji, He Wen Jin, Lai Dan, Alim Markus, Gu Jingqi, Lin Wen Xi, Lin Wen Zhu dan Lin Wei.

SURABAYA—Konsul Jenderal Tiongkok di Surabaya Gu Jingqi, Sabtu (3/9) lalu beraudiensi dengan para pimpinan komunitas Tionghoa Surabaya di kantor Konsulat Jenderal Tiongkok Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut dia berpamitan dengan komunitas Tionghoa Surabaya.

Ketua Pendiri “One Belt & One Road Association Ltd”, Ketua Kehormatan Abadi Asosiasi Promosi Reunifikasi Damai Tiongkok Indonesia, Ketua Kehormatan Abadi Senior PERPIT Jawa Timur Alim Markus, Wakil Ketua Dewan Pembina Perpit Jawa Timur He Wen Jin, Ketua Dewan Pengurus Lin Wen Xi, Wakil Ketua Harian Dewan Pengurus merangkap Sekjen Lin Wen Zhu, Wakil Ketua Harian Dewan Pengurus Xue Ming Ji, Ketua Koordinator Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya sekaligus Ketua Yayasan Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya H.A. Nurawi, Ketua Komunitas Pengusaha China Surabaya sekaligus Pimpinan Generasi Baru Tionghoa Perantauan Lin Wei dan tokoh lainnya hadir dalam acara tersebut.

Konjen Gu Jingqi berbincang dan berpamitan dengan pimpinan komunitas Tionghoa di ruang tamu Konjen Tiongkok Surabaya.

Konjen Gu Jingqi mengenang pengalaman kerja selama enam tahun bertugas serta mengucapkan selamat tinggal kepada pimpinan berbagai komunitas Tionghoa satu per satu.

Konjen Gu Jingqi menyatakan dalam beberapa tahun terakhir, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo berulang kali  bertemu dan berkomunikasi via telepon.

Pejabat tinggi kedua negara telah memelihara komunikasi yang erat. Hubungan Tiongkok-Indonesia berada pada periode terbaik dalam sejarah.

Dalam menghadapi pandemi satu abad serta perubahan seratus tahun ini, hubungan Tiongkok-Indonesia telah meningkat melawan tren, menunjukkan ketahanan dan vitalitas yang kuat serta telah menetapkan model perbaikan diri bagi negara-negara berkembang utama serta saling menguntungkan.

Konjen Gu Jingqi menekankan mendalamnya persahabatan kedua negara tak terlepas dari peran serta dan dukungan masyarakat Tionghoa, dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tionghoa atas bantuannya dalam kelancaran perkembangan kinerja konsulat Jenderal Tiongkok.

“Semoga kita semua diberkati kesehatan dan lebih sering mengunjungi negeri leluhur,” ucapnya.

Pimpinan berbagai komunitas Tionghoa satu persatu mengucapkan selamat kepada Konjen Gu Jingqi yang telah menyelesaikan masa tugasnya. Sekaligus berpamitan dengan Konsul Jenderal Gu Jingqi.

Semua pihak menyatakan Konsul Jenderal Gu Jingqi semasa bertugas telah bekerja keras untuk mendorong persahabatan Tiongkok-Indonesia serta berinteraksi dan bekerja sama komunitas Tionghoa Indonesia yang berada di wilayah konsuler.

Konjen Gu Jingqi juga memperoleh apresiasi dari berbagai organisasi Tionghoa di wilayah konsuler termasuk komunitas Tionghoa Surabaya.

Komunitas Tionghoa Surabaya akan berperan mengembangkan tradisi kebaikan seperti sebelumnya. Demi berkontribusi pada pengembangan hubungan bilateral yang berkelanjutan. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar