Sejumlah Ruas Jalan di Tangsel Berlubang

Kondisi Jalan Setiabudi, Pondok Aren, Tangerang Selatan yang rusak dan berlubang akibat hujan deras melanda daerah itu beberapa waktu lalu.

TANGSEL- Sejumlah ruas jalan di kawasan Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, banyak yang berlubang akibat  hujan deras yang melanda daerah itu bebeberapa minggu terakhir. Jalan rusak tersebut membahayakan para pengguna jalan.  

Di Jalan Setiabudi, Pondok Aren, misalnya, deretan lubang tampak menganga di sejumlah titik disertai genangan air pada Senin (8/3) pagi. Lubang-lubang jalan itu berdiameter sekitar 50-80 centimeter dengan kedalam kurang lebih 5-10 centimeter.

Pengendara sepeda motor yang melintas berusaha menghindari lubang dengan berjalan zigzag. Sementara mobil hanya bisa mengurangi kecepatannya dan terpaksa melintasi lubang jalan yang tergenang air.

“Motor setiap lewat jalan ini ya zigzag, macam uji praktek SIM (Surat Izin Mengemudi),” ujar Mahen (27), warga setempat, Senin.

Sejumlah titik di Jalan Setiabudi kerap rusak meski sudah berkali-kali diperbaiki. Perbaikan terakhir, kata Mahen, dilakukan pemerintah kota pada akhir Desember lalu. Namun, aspal jalanan kembali tergerus dan berlubang.

Mahen menduga, tidak adanya saluran air di lokasi itu membuat jalan cepat rusak karena tergenang saat hujan. “Sempat diaspal lagi akhir-akhir tahun 2020-lah. Tapi ya rusak lagi karena memang enggak ada saluran air itu,” kata Mahen. Jalan berlubang dan aspal terkelupas juga terjadi di Jalan Raya Ciputat-Bogor, tepatnya di samping Pasar Cimanggis. Jalan tampak berlubang di bagian tengahnya karena aspalnya tergerus air saat hujan deras. “Beberapa pekan kemarin itu sempat beberapa kali tergenang pas hujan sama musim banjir itu,” kata Tohir (28), seorang pelanggan Pasar Cimanggis. Tohir menjelaskan, lubang-lubang tersebut membahayakan pengendara motor karena berada di tengah jalan. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp