International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Sejak Kamis Pagi, Polisi Terapkan One Way di Jalur Puncak Bogor

Kondisi lalu lintas Jalur Puncak pada Kamis pagi, 5 Mei 2022.

BOGOR – Arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, sejak Kamis (5/5) pagi sudah memberlakukan sistem one way. Kendaaran diprioritaskan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Pada Kamis (5/5) pagi diperkirakan sudah 11 ribu kendaraan sudah memasuki kawasan Puncak.  Jumlah tersebut terhitung hanya dalam 3 jam.

“Kondisi arus lalin pagi hari ini yang menuju ke arah Puncak berdasarkan perhitungan statistik kami, sudah masuk di 11 ribu sampai dengan jam 8 dari jam 5,” kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, kepada wartawan, Kamis (5/5).

Karena itu, petugas memberlakukan sistem satu arah atau one way dari Jakarta menuju Puncak. Sedangkan, dari arah sebaliknya ditutup sementara.

Selain sistem one way, pihak kepolisian juga memberlakukan contraflow selepas Exit GT Ciawi. Hal ini untuk memisahkan kendaraan yang akan menuju Sukabumi dan Puncak agar tidak menimbulkan kemacetan lebih panjang.

“Dengan pemisahan ini, dimaksudkan memberikan kelancaran bagi masyarakat yang akan menggunakan jalur arah Sukabumi maupun ke Puncak,” ungkapnya.

Di samping itu, pihaknya mengimbau pengendara yang akan melintasi Jalur Puncak untuk memastikan kesehatan dan kendaraan dalam kondisi prima. Tak lupa untuk mematuhi arahan dari petugas di jalan.

“Ini semata-mata untuk kenyamanan, keselamatan, dan kesehatan kita semuanya,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di Simpang Gadog, sistem one way dimulai sekira pukul 09.45 WIB. Arus kendaraan dari arah Jakarta sudah diprioritaskan melaju satu arah menuju kawasan Puncak.

Sedangkan, kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta tertahan untuk sementara waktu. Belum diketahui hingga pukul berapa oneway diberlakukan karena situasional tergantung kondisi lalu lintas.

Sebelumnya, pagi hari ini tercatat sebanyak 11 ribu kendaraan masuk ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Jumlah tersebut terhitung hanya dalam 3 jam.

“Kondisi arus lalin pagi hari ini yang menuju ke arah Puncak berdasarkan perhitungan statistik kami, sudah masuk di 11 ribu sampai dengan jam 8 dari jam 5,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin.

Karena itu, petugas akan memberlakukan sistem satu arah atau oneway dari Jakarta menuju Puncak. Sedangkan, dari arah sebaliknya ditutup sementara. “Kami sedang melaksanakan proses oneway yang nanti akan diarahkan arus ke atas semuanya menuju ke Puncak atau arah Cianjur dari Jakarta,” ujarnya.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga