International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

Sederet Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan Tubuh

Daun Salam

JAKARTA – Daun salam sering dihubungkan dengan makanan-makanan lezat. Hal itu dikarenakan daun salam memiliki peran yang besar dalam beberapa masakan. Akan tetapi, manfaat daun salam tidak hanya sebatas untuk masakan.
Banyak sekali manfaat daun salam untuk tubuh kita. Mulai dari mencegah keriput pada kulit wajah hingga menurunkan kadar gula darah akibat diabetes. Lantas, apa manfaat daun salam yang lain?
Berikut ulasannya, dilansir dari laman Stylecraze, Minggu (10/4):

  1. Turunkan Gula Darah
    Studi menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu penderita diabetes tipe 2. Selain memberikan rasa pada makanan, daun salam juga ditemukan berperan dalam metabolisme glukosa.
    Daun salam juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada pasien diabetes tipe 2. Daun salam dapat mengurangi nafsu makan, sehingga mengurangi berat badan.
  2. Melawan Peradangan
    Dalam sebuah penelitian di Australia, daun salam, di antara beberapa daun lainnya, ditemukan menghambat aktivitas enzim COX-21. COX-21 diketahui memicu peradangan.
    Daun salam mengandung seskuiterpen lakton, yang dikenal dapat melawan peradangan dengan menghambat produksi oksida nitrat. Studi menunjukkan bahwa oksida nitrat, dalam konsentrasi yang lebih tinggi, dapat menyebabkan peradangan.
  3. Bantu Kurangi Risiko Kanker
    Sebuah studi yang dilakukan pada garis sel kanker manusia menyimpulkan bahwa ekstrak daun salam menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai agen antikanker.
    Cineole, senyawa utama dalam daun salam, ditemukan untuk menekan pertumbuhan garis sel kanker leukemia. Daun salam juga terbukti efektif dalam terapi kanker payudara. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun salam menginduksi kematian sel pada garis sel kanker payudara.
  4. Cegah Keriput pada Wajah
    Sesuai satu penelitian, daun salam dapat bertindak melawan ruam kulit. Daun ini juga dapat membantu mencegah keriput dan meredakan kulit dari stres.
  5. Kurangi Ketombe dan Kerontokan
    Rambut Bukti penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat mengobati ketombe serta mengurangi kerontokan rambut. Tak hanya itu, daun salam juga bermanfaat untuk mengobati kutu rambut secara efektif.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga