Satgas Tegaskan Siapa Pun yang Buat Rakyat Tak Percaya Vaksin Harus Dilawan

          JAKARTA (IM) – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat tidak ragu lagi dengan vaksinasi korona. Doni menilai pengorbanan Presiden Jokowi menjadi yang pertama divaksinasi Covid-19 luar biasa.

           “Kita sederhana Pak, Bapak Presiden saja sudah divaksin Pak. Artinya, seorang kepala negara, kepala pemerintahan yang telah bersedia menjadi orang pertama divaksin kalau ada risiko, Pak, itu tidak mungkin, dan seorang kepala negara itu proteksi keamanan, proteksi kesehatannya itu luar biasa Pak.” kata Doni Monardo dalam raker bersama Komisi VIII di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1).

           Doni mengatakan sejauh ini tidak ada gejala yang dirasakan oleh sejumlah orang yang telah disuntik vaksin, termasuk Presiden Jokowi. Untuk itu, menurutnya, tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan vaksin.

           “Jadi sebelum Bapak Presiden itu mendapat vaksin, maka ada sejumlah pihak yang telah dilakukan sebelumnya. Dan mereka kami mintain pendapat dan masukannya. Tidak ada satu pun yang mengalami gejala sampai hari ini, Pak, sehingga Bapak Presiden telah divaksin dan ini tidak ada alasan lain bagi kita, untuk tidak percaya,” ucapnya.

           “Mohon dalam forum ini siapa pun yang berusaha untuk membuat rakyat tidak percaya harus kita lawan bersama-sama. Tidak boleh kita biarkan,” sambung Doni.

           Di tempat terpisah, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap momen ini menjadi pelecut semangat dan kesadaran baru bagi masyarakat agar semakin peduli pada keselamatan diri dan sesama dalam menghadapi pandemi.

           “(Rabu) Kemarin (13/1) Presiden, sejumlah pejabat negara, fi gur publik dan tokoh masyarakat telah divaksin. Saya berharap mereka bisa menjadi contoh teladan bagi masyarakat dalam merespons program vaksinasi Covid -19 secara nasional ini,” kata wanita yang akrab disapa Rerie tersebut dalam keterangannya, Kamis (14/1).

           Ia berharap para peja bat dan tokoh masyarakat yang mendapat kesempatan divaksin lebih awal mampu memberi testimoni yang jujur dan transparan agar bisa memotivasi masyarakat untuk ambil bagian dalam program vaksinasi nasional. Selain testimoni yang jujur, ia juga berharap para tokoh masyarakat dan figur publik tersebut juga bisa memberi contoh yang baik dalam berperilaku usai divaksinasi Covid.

           Rerie mengaku masyarakat saat ini memang miskin teladan yang baik dalam sejumlah hal, sehingga sangat membutuhkan teladan dari para fi gur publik dan tokoh masyarakat, termasuk teladan untuk memotivasi masyarakat agar sadar pentingnya vaksinasi Covid -19.

           Menurutnya, yang juga perlu ditegaskan kepada masyarakat adalah protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dijalankan secara disiplin meski seseorang sudah mendapat vaksinasi Covid -19. “Bila hanya dilakukan salah satu saja maka kita akan memperpanjang masa krisis kesehatan dan krisis ekonomi seperti saat ini,” pungkasnya. ● pan

Mika Urip

Mika Urip

Tulis Komentar

WhatsApp