Monday, 26 February 2024

Search

Monday, 26 February 2024

Search

Sambut Imlek 2574, Pengurus Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan Adakan Tradisi Bersih – bersih

Suasana tradisi bersih – bersih, jelang Imlek di Kelenteng Hian Thian Siang Tee - Welahan.

JEPARA—Salah satu kelenteng tertua di Pulau Jawa yakni Kelenteng Hian Thian Siang Tee, di Jalan Gang Pinggir No 4, Desa Welahan Kecamatan Welahan Kab.Jepara  mengadakan tradisi bersih-bersih pada Jumat (13/1) pagi.

Tradisi bersih – bersih kelenteng biasanya dilakukan oleh umat Tri Dharma (Buddhis,Tao dan Khonghucu) menjelang datangnya tahun baru Imlek.

Pengurus Kelenteng Hian Thian Siang Tee – Welahan  Tee Sek Poen, didampingi Dicky Soegandhi Tee mengatakan, beberapa minggu yang lalu  pihak pengurus juga melakukan renovasi dan perbaikan serta pembenahan kelenteng.

“Kami segenap pengurus dan umat bersiap siap menyambut datangnya tahun baru Imlek 2574 yang jatuh 22 Januari mendatang. Diceritakan  bahwa bangunan di Jl. Gang Pinggir ini juga dinamakan Kelenteng Welahan yang dibangun pada tahun 1830 oleh seorang tokoh pengobatan dari Tiongkok  bernama Tan Siang Hoe bersama  kakaknya , Tan Siang Djie. Hari ini bertepatan dengan Cap Jie Gwee 22 (penanggalan Imlek), kami pengurus bersama umat Kelenteng Welahan mengadakan bersih – bersih kelenteng. Kami sucikan Kimsin – kimsin dewa beserta perabotannya dengan menggunakan air yang bersih. Ada beberapa Kimsin yang kami sucikan di antaranya kimsin tuan rumah yaitu Paduka YM.Kongco Hian Thian Siang Tee, YM.Kongco Kwan Kong, YM.Thay Siang Low Cin, Makco Kwan Im dan lain lainnya,” jelasnya. 

Harapannya di Tahun Baru  Imlek nanti ,semuanya telah bersih  dan suasana batinpun  juga bersih. Umat mendapat berkah keselamatan ,saling rukun  loh jinawe. tri

.

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media