International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

Rusia Balas Larang Masuk Perdana Menteri dan Belasan Pejabat Jepang

MOSKOW- Pemerintah Rusia  memberlakukan larangan masuk ke Rusia bagi Perdana Menteri Fumio Kishida dan belasan pejabat Jepang, Kamis (5/5).  Sebelumnya Tokyo  memberlakukan sanksi internasional terhadap Moskow atas kampanye militernya di Ukraina.

“Pemerintahan Fumio Kishida meluncurkan kampanye anti-Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya (dan) memungkinkan retorika yang tidak dapat diterima terhadap Federasi Rusia, termasuk fitnah dan ancaman langsung,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Ini digaungkan oleh tokoh masyarakat, pakar, perwakilan media Jepang, yang sepenuhnya terlibat oleh sikap Barat terhadap negara kita,” tambah kementerian luar negeri Rusia

Rusia juga menuduh Tokyo mengambil “langkah-langkah praktis, bertujuan menghancurkan hubungan bertetangga yang baik, merusak ekonomi Rusia dan prestise internasional negara itu”.

Kementerian mengatakan pelarangan masuk tersebut berlaku “tanpa batas” melarang masuk ke Rusia 63 warga negara Jepang, termasuk perdana menteri, anggota kabinet, anggota parlemen, jurnalis dan profesor.

PM Fumio Kishida menanggapi keputusan Rusia itu dengan menjawab “Rusia yang membawa hubungan Jepang-Rusia ke titik ini”.

“Rusia yang mengundang situasi seperti itu dengan menggunakan langkah-langkah militer,” katanya kepada wartawan yang menemaninya dalam perjalanan ke Italia dan Vatikan.

“Pembunuhan warga sipil tak berdosa yang dilakukan Rusia merupakan pelanggaran signifikan terhadap hukum humaniter internasional,” kata Kishida.

“Kami tidak bisa memaafkan ini,” pungkasnya.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga