RTH di Jakarta akan Jadi Tempat Penampungan Air saat Banjir

Salah satu Ruang Terbuka Hijau di Jakarta.

KEBON SIRIH –  Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah, mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan menjadikan area ruang terbuka hijau (RTH) di menjadi  tempat menampung air saat banjir.

Ida mengatakan, dengan cara itu RTH di Jakarta bisa memiliki beragam fungsi. Selain untuk taman, RTH dapat penampungan air sehingga genangan di sekitar permukiman warga dapat dikurangi.

“Sangat mendukung, prinsipnya bisa untuk menampung air,” kata Ida, Kamis (4/3).

Meski demikian, Ida mengatakan belum bisa memberikan informasi secara detail mengenai bagaimana air akan ditampung. Sebaba Komisi D masih menunggu rencana detailnya dari Pemprov DKI Jakarta bagaimana realisasinya nanti.

Dinas Pertamahanan dan Hutan Kota DKI Jakarta juga belum mengajukan anggaran terkait hal itu.

“Kan tidak ada salahnya kalau diamankan di ruang terbuka hijaunya dinas pertamanan ini kan dimanfaatkan,” kata Ida.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati sebelumnya mengatakan, RTH di Jakarta akan diubah menjadi loksi penampungan air jika terjadi bencana banjir. Konsep itu diberi nama RTH Green Blue.

Suzi menjelaskan, pengembangan konsep RTH Green Blue akan melibatkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

“Kami juga akan bekerja sama dengan SDA bagaimana menciptakan ruang bitu dan ruang hijau,” ujar Suzi.

Sebagai informasi, di Ibu Kota ada beberapa RTH yang memang dibangun untuk tempat penampungan air saat banjir. Sejauh ini luas RTH di DKI Jakarta mencapai 9,9 persen dari luas wilayah kota dan terus mengalami peningkatan. “Perhatikan saja di taman kita itu bisa tinggi (genangan air) bisa 80 sentimeter itu kita bisa banjirkan untuk membanjirkan (mengalirkan air) dari permukiman,” kata Suzi menjelaskan.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp