Saturday, 25 March 2023

Saturday, 25 March 2023

Ritual Sang Sin dan Tradisi Bersih – bersih Jelang Imlek 2574 di T.I.T.D Low Lie Bio Semarang

Tradisi ritual Sang Sin di T.I.T.D Low Lie Bio Semarang.

SEMARANG—Sepekan menjelang Tahun Baru Imlek 2574, sejumlah pengurus Yayasan Kebun Jeruk Semarang beserta umat mengadakan tradisi ritual Sang Sin yaitu ritual menghantar Toa Pekong (Kongco/Dewa Dapur) naik  menghadap Penguasa Langit (Tian Gong) di T.I.T.D  Low Lie Bio atau Kelenteng Kebun Jeruk, Jalan Roro Jonggrang Timur  Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/1).

Selepas ritual Sang Sin, para pengurus beserta puluhan umat melanjutkan  dengan kegiatan  bersih – bersih seluruh sarana prasarana di tempat ibadah tersebut beserta rupang – rupang dewanya untuk disucikan dengan air yang di campur  bunga.

Puluhan umat Tri Dharma mengadakan bersih – bersih  Jelang Imlek 2574 di Kelenteng Low Lie Bio Semarang.

Kimsin-kimsin dewa (rupang dewa) yang disucikan dengan air bercampur bunga di antaranya kimsin tuan rumah yaitu Yang Suci  Kwan She Im Poo Sat , Kimsin Makco Tebo (Ibu Bumi) , Mazu , Kongco Hok Tek Cing Sien (Dewa Bumi), Kongco Thay Shang Lao Cin, Nabi Khong Cu, Kongco Sam Poo Tay Djien ( Laksamana Cheng Ho), Kongco Kwan Kong (Dewa Keadilan dan Kebenaran) dan  lainnya.

Ketua  Umum Yayasan Kebun Jeruk Semarang  Indra Satyahadinata didampingi wakilnya, Untung Cahyadi dan sekretaris yayasan Octaviany Samudra menjelaskan bahwa seminggu sebelum  datangnya tahun baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari mendatang,  Toa Pek Kong atau kongco Ciao Kun Kong yang biasa disebut Dewa Dapur dipercaya naik ke khayangan untuk melaporkan kejadian yang ada di bumi selama setahun kepada Penguasa Langit. Termasuk melaporkan kejadian baik atau buruk dari kelakuan umat manusia.

Puluhan umat Tri Dharma mengadakan bersih – bersih  Jelang Imlek 2574 di Kelenteng Low Lie Bio Semarang.

Dan kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya secara fisik saja tetapi yg terpenting umat Tridharma setiap Imlek wajib membersihkan diri masing – masing dari segala perbuatan dan pemikiran buruk.

Indra Satyahadinata menambahkan pihaknya setiap menjelang Imlek juga selalu membagikan kue kranjang kepada 250 kepala keluarga di sekitar Kelenteng ada 11 RT dan 2 RW.

Harapannya di Tahun Baru Imlek 2574 ini yang di tengerai sebagai Tahun Kelinci Air, seluruh umat Low Lie Bio khususnya  bisa mendapatkan berkah, rezeki melimpah dan seluruh bangsa Indonesia bisa lebih makmur, lebih sejahtera kehidupannya  serta dijauhkan dari segala bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lainnya. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media