International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Ridwan Kamil: Pemudik Cukup 30 Menit di Rest Area Tol

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

BANDUNG- Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil mengimbau kepada pemudik yang berada di rest area jalan tol saat berlangsung arus mudik Lebaran Tahun 2022 dibatasi hanya 30 menit. Rest area tidak dimungkinkan sebagai tempat buka puasa seluruh pemudik.
“Teorinya sederhana, kalau tempatnya sedikit yang butuh banyak maka dibatasi waktunya. Jadi aturan 30 menit saya kira memadai lah. Saya kalau dari luar kota ke rest area tol, waktu 30 menit itu lebih dari cukup. Ke toilet 5 menit, peregangan 10 menit, kalaupun makan tambah 20 menit,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Selasa (19/4).
Ridwan Kamil mengatakan, jika semua pemudik berpikir mampir ke rest area saat waktu berbuka puasa maka bisa dipastikan hal tersebut tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Ridwan Kamil mengimbau kepada warga yang melakukan mudik tahun ini untuk menyediakan makanan dan peralatan penting lainnya di mobil agar tidak terjadi penumpukan di rest area tol.
“Sehingga imbauan saya barang siapa berniat mudik tolong di mobilnya dibekali makanan yang mencukupi dan hal-hal emergency. Sehingga kalau tidak bisa ke rest area kenyamanan berbuka di jalan masih bisa dilaksanakan,” kata dia.
Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Jawa Barat (Wakapolda Jabar), Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan pemudik agar tak berlama-lama di rest area jalan tol sebelum pemberlakuan skema satu arah atau one way. Pemudik diimbau berada hanya 30 menit di rest area tol karena sebelum diberlakukan skema satu arah, rest area jalan tol harus kosong dulu.
“Itu kan one way itu diberlakukan dari arah Jakarta ke Jateng. Pemudik yang dari arah Jateng, di rest area-nya 30 menit. Kan sebelum one way itu harus dikosongkan. Supaya pas selesai keluar dari rest area bisa lewat ke Jakarta pakai tol, kan dia di rest area nih jalan tolnya mau ditutup,” ujar Bariza. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga