Ridwan Kamil Bidik Populasi Kendaraan Listrik di Jabar Capai 10 Persen

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,saat meninjau pabrik PT Wika Industri Manufaktur (Wima).

KLAPANUNGGAL – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendukung PT Wika Industri Manufaktur (Wima) untuk mengembangkan industri motor listrik. Apalagi, Pemprov Jabar dalam peraturannya akan mewajibkan penggunaan kendaraan listrik.

Dia menargetkan, jumlah konsumen motor dan mobil listrik di Jabar mencapai 10 persen dari total populasi kendaraan.

“Di masa yang akan datang, 20 hingga 30 tahun ke depan, penggunaan energi harus energi yang terbarukan. Salah satu implementasinya ialah motor listrik,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan di lokasi pabrik motor listrik merk Gesits di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Selasa (27/4).

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, walaupun akan ada aturan penggunaan kendaraan wajib menggunakan motor atau mobil listrik, namun konsumen tetaplah raja.

“Market motor dan mobil listrik di Jabar sangatlah besar. Namun produsen motor dan mobil listrik harus mengedepankan kualitas, performa motor dan purnajual yang bagus, memperbaiki kekurangan hingga tidak ada komplain dari konsumennya. Saya menargetkan penggunaan kendaraan listrik dalam 10 tahun ke depan bisa mencapai 10 persen,” jelasnya.

Emil menuturkan, selain target pencinta motor bebek atau matik PT Wima ke depan harus menyasar ke pecinta motor adventure, motor touring, motor classic, dan lainnya.

“Kita jangan malu berguru ke BMW yang memproduksi motor teknologi terbarukan namun gayanya tetap klasik. Selera manusia yang berbeda-beda harus digoda PT Wima ke depannya. Dalam penentuan target pasar ini pabrikan sebelumnya juga harus berdasarkan riset,” tutur Kang Emil.

Dia pun mendukung rencana PT Wima selaku produsen motor listrik Gesits yang akan membuat sayembara desain motor listriknya. Dia berharap seniman-seniman custom motor di Kota Bandung dan Jabar pada umumnya bisa mengikuti sayembara tersebut.

“Sayembara desain motor listrik Gesits adalah salah satu cara melibatkan masyarakat untuk ikut merasa memiliki motor listrik karya anak bangsa ini. Saya juga barusan menawarkan desain custom motor saya untuk disempurnakan dan diproduksi PT Wima,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur PT Wima, Muhammad Samiarto berterima kasih atas saran dan sumbang desain custom motor Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dia berjanji akan meningkatkan kualitas motor listrik Gesits.

“Performa, desain hingga bisnis motor listrik Gesits akan kita tingkatkan terus sesuai saran Gubernur Ridwan Kamil. Saat ini kami baru memproduksi dan memasarkan motor listri Gesits type G1 yang kemampuan daya listriknya 5 kw, berkecepatan maksimum 70 meter dan jarak tempuh mencapai 50 km. Jika konsumem membeli dua baterai, maka jarak tempuh motor listrik Gesits G1 ini bisa mencapai 100 km,” ucap Samiarto.***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp