Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Ribuan Jemaat Diprediksi akan Hadir Memperingati Imlek di Vihara Cirebon

Seorang petugas membersihkan dan merapihkan Vihara Dewi Welas Asih, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Dia bersama warga lainnya bersiap menyambut perayaan Imlek 2023 dengan penuh suka cita.

CIREBON (IM)-  Menyambut perayaan imlek 2023, sejumlah Vihara di Kota Cirebon Jawa Barat, mulai melakukan persiapan pada Kamis (12/1). Para pengurus mulai membersihkan vihara, melengkapi sarana ibadah, juga menghias dan mempercantik rumah ibadah.

Para pengurus menyambut Peringatan Imlek yang ke-2574 ini dengan penuh suka cita pasca pencabutan pembatasan Pandemi Covid-19. Ribuan jemaat diprediksi akan memenuhi vihara untuk melaksanan ibadah penuh khidmat dan nyaman.

Salah satu vihara yang melakukan persiapan adalah Vihara Dewi Welas Asih, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Terlihat sejumlah pengurus yang sedang membersihkan sejumlah area. Mereka juga sedikit demi sedikit, mulai memasang dekorasi untuk Imlek. Proses pembersihan dilakukan dari bagian dalam, ke sisi atau sayap kanan kiri, hingga ke bagian depan atau latar.

Tak sekadar merapikan, mereka juga mulai melengkapi sarana ibadah lainnya. Sejumlah lilin, lampion, serta beberapa kertas atau kain berisi doa, disiapkan untuk melengkapi doa dan harapan-harapan yang dipanjatkan pada momen pergantian tahun nanti.

Richard Dharma Pekasa, Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023 ini menyampaikan, pihaknya menyambut perayaan tahun imlek ini dengan penuh suka cita. Mereka melakukan banyak persiapan lebih awal dari biasanya. “Sudah. Sudah banyak yang bersiap, baik dari dalam hingga yang masih tinggal di luar kota. Kami menyambut Imlek tahun ini dengan penuh suka cita, karena pemerintah telah mencabut pembatasan yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya saat pandemi,” kata Richard saat ditemui, kemarin.

Pasalnya, tahun ini, adalah kali pertama perayaan Imlek pasca dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah. Seluruh jemaat akan menyambutnya dengan penuh semangat serta suka cita. Diprediksi jemaat yang akan hadir, juga akan melebihi kapasitas sebelumnya.

Selain karena bebasnya pembatasan, warga bersuka cita dan bahagian karena di kemeriahan imlek tersebut, mereka akan saling bertemu satu sama lainnya. Imlek menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama dan juga berbagai elemen banyak warga. Vihara Dewi Welas Asih Lemahwungkuk Kota Cirebon, merupakan salah satu vihara yang memiliki area cukup luas di Kota Cirebon. Kapasitas Vihara ini melebihi 1000 orang. Pengurus telah mempersiapkan dan mengantisipasi terkait perayaan Imlek yang akan dilangsungkan pada 21 Januari mendatang.

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media