International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

RI Kantongi Komitmen Investasi Rp470 Triliun Lewat Dubai Expo

JAKARTA – Indonesia menawarkan investasi untuk berbagai sektor di Dubai 2020 Expo yang diselenggarakan di Uni Emirate Arab (UEA) sejak bulan Oktober 2021. Salah satunya adalah untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Melalui acara tersebut Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan nation branding Indonesia pada acara tersebut cukup komprehensif, tidak hanya menawarkan kerjasama sektor perdagangan, namun juga menawarkan peluang investasi di IKN Nusantara.

“Nation branding Indonesia itu cukup lengkap, tourismnya, inovasi dan teknologi, termasuk kita promosikan Ibu Kota Negara, jadi lumayan komprehensif lah,” kata Didi, Sabtu (2/4).

Melalui acara tersebut Didi yang juga menjabat Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia itu menyebutkan, Indonesia berhasil mendapatkan komitmen investasi pada event tersebut senilai USD32,7 miliar USD. Jika di konversikan menjadi Rupiah, nilai tersebut setara dengan Rp470,60 triliun.

Meski demikian Didi menjelaskan nilai investasi tersebut tidak spesifik untuk pembangunan IKN Nusantara namun juga akan masuk di sektor-sektor lainnya. “Catatan komitmennya USD32,7 miliar (belum spesifik untuk IKN semua), ada macam-macam ada transportasi, sektor logistik, dan macam-macam,” sambungnya.

Lebih jauh Didi menjelaskan Ajang Expo 2020 Dubai merupakan tempat untuk menarik potensi perdagangan, pariwisata, dan investasi untuk Indonesia. Dari sektor perdagangan sendiri, Didi menjelaskan pada acara tersebut telah mencatatkan transaksi Rp31,65 triliun. “Kita ada transaksi mencapai USD2,2 miliar itu untuk perdagangan, kalau dari Investasi juga ada,” pungkas Didi.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga