Reshuffle, Besok Jokowi Lantik Dua Menteri dan 1 Kepala Lembaga?

Presiden Jokowi .

JAKARTA (IM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dikabarkan akan umumkan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju hari ini, Rabu (28/4).Dua menteri dan satu kepala lembaga dijadwalkan dilantik oleh Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Iya (Rabu reshuffle kabinet). Langsung dilantik,” kata sumber, Selasa (27/4).

Reshuffle ini dilakukan menyusul persetujuan DPR atas pembentukan Kementerian Investasi serta peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Masih menurut sumber tersebuu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia nantinya akan dilantik sebagai Menteri Investasi. Sementara, Menteri Pendikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bakal dilantik sebagai Menteri Ristek/Dikbud.

Sedangkan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro disebut akan dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sumber tersebut memastikan bahwa pelantikan akan dilakukan Rabu(28/4)  siang. Sementara, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, perihal reshuffle hanya diketahui oleh Presiden Jokowi. Hal itu, kata dia, sepenuhnya menjadi hak Presiden.

“Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut,” kata Fadjroel melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa (27/4).

“Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif Presiden,” tuturnya.

Adapun kabar bahwa reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin menguat pasca-rencana peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek, serta dibentuknya Kementerian Investasi. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin sebelumnya menyampaikan bahwa reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, Ngabalin tidak menjelaskan secara detail terkait rencana reshuffle.

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp