Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

Rekor, Madrid Juarai Piala Dunia Antarklub

Carlo Ancelotti dan skuad Real Madrid dengan trofi Piala Dunia Antarklub 2022.

RABAT – Real Madrid menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2022 usai menang atas Al Hilal dengan skor 5-3 pada laga final yang berlangsung di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Minggu (12/2) dinihari WIB.

Gol-gol Madrid dicetak oleh Vinicius Junior (13′, 69′), Federico Valverde  (18′, 58′) dan Karim Benzema (54′). Sementara tiga gol Al-Hilal masing-masing dicetak Moussa Marega (26′) dan Luciano Vietto (63′ dan 79′).

Pelatih Madrid,  Carlo Ancelotti  mengaku senang bisa mengantarkan Los Blancos merebut gelar juara. “Kami sangat senang. Untuk kedelapan kalinya (secara keseluruhan termasuk gelar Piala Interkontinental) Real Madrid menjadi Juara Dunia. Kami memainkan permainan yang bagus, dengan banyak kualitas. Vinicius, Benzema, Valverde,  mereka melakukannya dengan sangat baik. Kami memiliki keterampilan dan kualitas,” kata Ancelotti dikutip dari Marca.

Ancelotti menyatakan, gelar ini menjadi motivasi baru bagi timnya untuk mengarungi sisa musim ini.  “Gelar ini memberi kami semangat untuk sisa musim ini. Kami memiliki keinginan dan kemauan untuk melakukan yang terbaik di semua kompetisi di setiap menit dari setiap pertandingan,” kata Ancelotti.

Raksasa Spanyol ini memegang rekor sebagai klub dengan gelar terbanyak untuk ajang ini.  “Kami menjalani turnamen dengan baik dan kami telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa pertandingan terakhir. Kami memiliki banyak kualitas di depan dan kami perlu memperbaiki beberapa kesalahan di belakang. Kami juga mendapatkan kembali pemain yang cedera. Karim telah kembali dan (Eder) Militao serta (Thibaut) Courtois akan segera kembali,” ujarnya.

Gol Benzema pun tak lepas dari assist Vinicius. Itu artinya seluruh gol Madrid adalah andil kedua Valverde dan Vinicius. Tak salah jika FIFA menobatkan Vinicius sebagai pemain terbaik di turnamen dengan trofi Bola Emas, sementara Valverde mendapat Bola Perak.

Performa yang membuat Ancelotti senang karena tak sia-sia selalu mengandalkan keduanya. Apalagi Madrid datang ke Maroko dengan kondisi skuad pincang karena badai cedera.

“Vini semakin membaik. Ini dimulai sejak awal tahun lalu. Sama saja dengan perkembangan tim sekarang, juara Liga Champions lalu juara dunia. Dia tampil lebih oke, dia juga lebih efisien, dia mencetak gol, dia membuat perbedaan di setiap laga. Federico sempat melalui masa-masa sulit, tapi dia sudah bangkit. Dia mencetak dua gol dan juga membuat tim lebih bertenaga, dengan dia dan Vinicius di sayap, itu membuat lini serang kami lebih tajam,” ujar Ancelotti seperti dikutip ESPN.

Kesuksesan Real Madrid  ini turut menghadirkan rekor baru untuk Toni Kroos. Ia menjadi pemain pertama yang memenangi trofi tersebut sebanyak enam kali. Sebelumnya, ia sudah menjadi juara pada 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018. Dari enam trofi, lima diraihnya bersama Madrid, sedangkan satu lagi bersama Bayern Munich.

“Dengan segala  perjuangan yang kami alami sepanjang laga,  kami pantas menjadi juara. Mereka memberi perlawanan hebat, bagi Al-Hilal ini seperti laga hidup-mati, dan itulah yang mereka tunjukkan di lapangan,” ujar Kroos, seperti dikutip Diario AS.

Bagi Kroos, Piala Dunia Antarklub 2022 menjadi trofi ke-18 yang ia menangi sejak berseragam Madrid pada musim panas 2014. Ia masih berpeluang menambah tiga trofi lagi di akhir musim, yakni LaLiga, Copa del Rey dan Liga Champions.

Kontrak Kroos di Madrid akan habis pada musim panas tahun ini. Ia belum memutuskan apakah akan lanjut bermain atau tidak. Sebelumnya, ia telah menegaskan jika terus bermain, ia hanya mau memperpanjang kontrak dengan El Real.

“Saya masih berpikir. Saya selalu menjalin kontak dengan pihak klub. Saya telah berada di sepakbola profesional selama 15 tahun dan saya selalu bilang cara terbaik adalah mengumumkannya secara resmi. Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan saat memutuskan lanjut atau tidak. Keputusan itu tak akan memakan waktu berbulan-bulan. Hubungan dengan Madrid berjalan baik dan tak ada masalah,” ujar Kroos.

Sementara itu Flamengo memenangi perebutan tempat ketiga Piala Dunia Antarklub 2022. Klub Brasil ini mengalahkan Al Ahly 4-2 di laga playoff.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media