Real Sociedad Akhiri Dahaga Trofi

Pemain Real Sociedad dengan trofi Copa del Rey. (foto ist)

SEVILLA – Real Sociedad berhasil memenangi Copa Del Rey 2019/20. David Silva dkk menyandang status juara usai mengalahkan rival mereka, Athletic Bilbao, dengan skor 1-0.

Laga  final yang digelar di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Minggu (4/4) dinihari WIB merupakan laga final yang seharusnya dimainkan April tahun lalu, namun tertunda karena covid-19.

Kedua tim saat itu sepakat untuk memundurkan jadwal karena berharap pandemi sudah bisa diatasi. Dengan begitu, laga final bertajuk derby Basque ini bisa digelar di hadapan para suporter.

Meski Bilbao kalah penguasaan bola (43% berbanding 57%), namun Iker Muniain dkk mampu mencatatkan dua sepakan ke gawang, berbanding satu milik Sociedad. Ironis bagi Bilbao, satu shot on goal dari Sociedad sudah cukup mengantar mereka juara.

Di menit ke-58, Sociedad mendapat penalti usai Inigo Martinez melanggar Cristian Portu. Martinez sempat mendapat kartu merah, namun wasit mengubahnya menjadi kartu kuning usai mengecek Video Assistant Referee (VAR).

Meski begitu, penalti tetap diberikan. Mikel Oyarzabal yang maju sebagai algoju sukses menaklukkan Unai Simon. Skor 1-0 itu bertahan hingga laga usai.

 Kemenangan ini amat disambut publik Sociedad, karena mengakhiri dahaga trofi yang sudah berlangsung 34 tahun lamanya. Sebelumnya, trofi terakhir yang masuk lemari klub adalah Copa Del Rey di tahun 1987. Sementara bagi Bilbao, kekalahan ini memupus impian mereka untuk meraih dua Copa Del Rey sekaligus. Diketahui, mereka juga lolos ke final Copa Del Rey 2020/21 menghadapi Barcelona, yang akan digelar seusai jadwal pada 17 April mendatang. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp