Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Ratusan Makam di TPU Semper Terendam Banjir, Batu Nisan sampai Tertutup Air

TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara terendam banjir pada Selasa (10/1). Menurut penjaga makam, ratusan makam itu terendam air dengan ketinggian hingga 1,5 meter.

JAKARTA- Ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Cilincing, Jakarta Utara terendam banjir.

Berdasar pantauan di lokasi, banjir sampai menutup nisan yang berjejer di unit Islam AA II TPU Semper. Terlihat pula rumput liar tumbuh di sekitar area pemakaman yang terendam air itu. TPU Semper terendam banjir dengan ketinggian sekitar 20 sentimeter hingga 1 meter, yang menenggelamkan beberapa makam.

Peziarah tampak kesulitan untuk menemukan makam di TPU Semper. Mereka harus melompati makam agar tidak terkena air.

Salah satu penjaga makam bernama Husi Oji mengatakan, banjir yang merendam kawasan itu berlangsung sejak awal 2023. “Dari malam tahun baru itu kan hujan sampai pagi. Nah sekitar jam 10.30 WIB baru reda itu (air) sudah mulai tinggi,” ungkap Husi saat ditemui di TPU Semper, Selasa (10/1).

Kedalaman banjir di TPU Semper, lanjut dia, pernah mencapai 1,5 meter. Sehingga, tak heran bila sejumlah nisan yang berbaris di sana sudah tak terlihat lagi.

“Kalau di sini di jalanan aja paling ketinggian air 20 sentimeter. Kalau di dalam bisa 1,5 meter,” katanya. Husi memperkirakan ada sekitar 800 makam yang terendam air. Menurutnya, banjir yang kerap terjadi diakibatkan saluran air yang kecil dan membuat aliran tersendat. “Salurannya kecil itu kan ke kali kecil tuh, di situ mandek,” jelas Husi. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media