International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan pada 19 September

Ratu Elizabeth

LONDON- Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan diadakan di Westminster Abbey pada Senin (19/9). Hal itu diungkapkan Istana Buckingham, Sabtu (10/9).
“Pemakaman Negara Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada Senin 19 September pukul 11.00,” kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Anadolu Agency.
Hari pemakaman kenegaraan akan menjadi hari libur bank, setelah Raja Charles III menyetujui perintah pada hari sebelumnya untuk itu. Anggota masyarakat akan dapat memberikan penghormatan karena ratu akan disemayamkan di Istana Westminster selama empat hari, sejak Rabu (14/9) hingga pagi hari pemakaman.
“Sebelum Pemakaman Negara, Ratu akan Lie-in-State di Westminster Hall selama empat hari, untuk memungkinkan publik memberikan penghormatan,” lanjut pernyataan itu.
“Peti mati ratu akan melakukan perjalanan dari Skotlandia dengan pesawat Royal Air Force dari Bandara Edinburgh ke London pada 13 September,” tambahnya.
Rincian pemakaman dirilis Sabtu dan mendiang Ratu Elizabeth telah dikonsultasikan tentang semua rencana ini sebelum dia meninggal.
Saat ini, peti mati Ratu Elizabeth II masih berada di Kastil Balmoral, Skotlandia, di mana ia diselimuti Standar Skotlandia. Staf di kastil akan diizinkan untuk memberikan penghormatan sebelum peti mati diangkut ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh, ibu kota Skotlandia, besok.
Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 6 jam. Pada Senin (12/9), Raja Charles III dan permaisuri akan melakukan perjalanan ke Edinburgh dan bergabung dengan prosesi saat peti mati dipindahkan dari Istana Holyroodhouse, melalui Royal Mile, ke Katedral St Giles, di mana sebuah kebaktian akan berlangsung.
Selama kebaktian, Mahkota Skotlandia akan ditempatkan di atas peti mati. Di Katedral St Giles, orang-orang Skotlandia akan diizinkan untuk memberikan penghormatan.
Pada Selasa (13/9), peti mati Ratu Elizabeth akan diterbangkan dari Edinburgh ke London, kemudian dibawa ke Istana Buckingham. Peti mati akan ditemani dalam perjalanannya oleh Putri Anne, saudara perempuan raja.
Pada Rabu (14/9), anggota Keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Raja Charles III dan permaisuri akan menghadiri doa di Istana Buckingham. Peti mati Ratu Elizabeth kemudian akan dibawa dalam prosesi, termasuk raja dan anggota Keluarga Kerajaan, ke Westminster Hall. Pada saat ini, Big Ben akan berdentang dan akan ada salut senjata.
Peti mati akan tiba di Westminster Hall pada pukul 3 sore, setelah itu Uskup Agung Canterbury akan mengadakan upacara. Peti mati kemudian akan melakukan perjalanan dalam prosesi dari Westminster Abbey ke Wellington Arch ke Windsor, dan dari sana akan melakukan perjalanan melalui State Hearse ke Kapel St George di Kastil Windsor melalui Long Walk. Layanan Komitmen akan diadakan di Kapel St George, di mana ratu akan dimakamkan di sebelah suaminya, mendiang Pangeran Philip.

Frans Gultom

Komentar

Baca juga