International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Putri Mantan Presiden John F Kennedy Jadi Dubes AS untuk Australia

Caroline Kennedy, putri Presiden John F. Kennedy,

WASHINGTON— Senat Amerika Serikat hari Kamis, (5/5) menyetujui pencalonan Caroline Kennedy, putri Presiden John F. Kennedy, menjabat sebagai duta besar AS untuk Australia, dan Philip Goldberg untuk menjabat sebagai duta besar AS untuk Korea Selatan, seperti dilansir Associated Press, Jumat, (6/5)
Kennedy menjabat sebagai duta besar AS untuk Jepang dari 2013-17 selama kepresidenan Barack Obama. Goldberg adalah diplomat karier dan sebelumnya menjabat sebagai duta besar AS untuk Kolombia.
Senat menyetujui pencalonan pada hari Kamis, (5/5) ketika pemerintahan Presiden Joe Biden berupaya mengisi tim diplomatiknya dengan sekutu kunci di Asia.
Kennedy memiliki pengalaman luas di wilayah tersebut dan memberikan dukungannya kepada Biden relatif lebih awal dalam proses pemilihan pendahuluan Demokrat tahun 2020.
Senator Jon Ossoff dari partai Demokrat asal negara bagian Georgia sebelum senat menjatuhkan putusannya mengatakan, Goldberg sangat penting bagi AS untuk ditempatkan di Seoul, mengutip peluncuran rudal balistik Korea Utara pada hari Rabu (5/5).
“Korea Selatan adalah salah satu mitra dagang terpenting kita. Korea Selatan adalah salah satu mitra keamanan terpenting kita,” kata Ossoff. “Kita membutuhkan duta besar AS untuk memimpin misi di Korea Selatan.”
Senat juga mengukuhkan Mark Nathanson menjadi duta besar untuk Norwegia, MaryKay Loss Carlson menjadi duta besar untuk Filipina, dan John Nkengasong untuk mengoordinasikan upaya AS untuk memerangi HIV-AIDS secara global.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga