International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

Puasa Ramadhan Bikin Awet Muda

Ilustrasi awet muda sebagai manfaat puasa Ramadhan 2022.

JAKARTA- Puasa di bulan Ramadhan dipercaya bisa membuat tubuh awet muda. Ahli gizi Prof. Hardinsyah, MS, PhD menjelaskan saat berpuasa, tubuh akan membersihkan sel-sel.
Hal ini disebut juga dengan autophagy. Pembersihan ini dilakukan dengan cara memusnahkan sel-sel yang telah rusak dan zat beracun dari makanan dan minuman. Namun, manfaat ini baru bisa Anda dapat jika puasa dilakukan secara benar.
“Ada suatu sistem didalam tubuh untuk mengefisienkan ketika tidak ada yang masuk makanan dan minuman. Dimakan sendiri oleh tubuh, itu disebut degan autophagy,” jelas Hardinsyah baru-baru ini.
“Ketika dimakan, maka sel-sel dan zat beracun itu akan pecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral. Itu digunakan sebagai tambahan gizi ketika berpuasa,” sambungnya.
Saat puasa selama 13 hingga 14 jam, tubuh menghasilkan parasut membran sel. Parasut tersebut, dikatakan Hardinsyah bertugas menangkap racun tubuh. Dari proses tersebut, muncul lisosom yang akan mengurai sehingga tubuh kembali segar.
Selain itu, tubuh secara otomatis akan memunculkan sel-sel baru ketika tubuh beristirahat dari makanan dan minum saat puasa. Ini yang akan membuat mereka yang menjalankan puasa menjadi awet muda.
“Daur ulang sel yang nggak produktif dan dibuat lagi sel produktif karena puasa. Minimalkan inflamasi terjadilah regenerasi sel dan tampak lebih muda,” kata Hardinsyah.***

Frans Gultom

Komentar