International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

Puasa Mampu Redam Hipertensi

Ilustrasi hipertensi.

JAKARTA(IM)– Puasa bisa meredam banyak masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Puasa sudah terbukti sejak lama ampuh meredam banyak penyakit yang mengintai tubuh. Manfaat ini juga dirasakan bagi pengidap hipertensi, di mana puasa dapat secara otomatis membantu menjaga keseimbangan hormon.
“Dengan puasa otomatis bantu emulsi tubuh bisa kerjakan hormon-hormon seperti insulin, itu fakta. Puasa juga lebih atur pola diet dengan asupan-asupannya lebih sehat, kurangi santan dan secara keseluruhan terutama garam. Jadi bisa turunkan tekanan darah,” ujar Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Djoko Wibisono, SpPD-KGH, kemarin.
Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, tentunya pasien hipertensi harus mampu memilih dengan bijak sumber makanannya. Dituturkan dokter Djoko, pola makan yang dapat diterapkan selama puasa adalah mengontrol asupan garam.
“Makanan tinggi garam bisa menyerap air, kurangi dulu makanan olahan, ikan asin, saat sahur atau buka. Baiknya makan kurma karena kalium tinggi 200mg. Kalium bisa buang natrium sehingga bantu atasi hipertensi. Sayur dan buah juga, tidak kalah penting atur minum 2 liter,” bebernya.
Selain itu, pasien hipertensi juga dianjurkan mengonsumsi sajian rendah lemak sehingga sebisa mungkin batasi makan gorengan. Dengan lemak jenuh, maka kolesterol menumpuk membuat pembuluh darah mengeras dan menyempit membuat tekanan darah meningkat.
“Pilih yang low fat lah. Puasa mulailah hidup sehat, termasuk berhenti merokok. Puasa bisa membantu perokok, merokoknya berhenti, buka puasa malah merokok. Coba biasakan kebiasaan merokok ini dihilangkan. Hampir 14 jam nggak merokok saat puasa, itu bisa. Kebiasaan ini dihilangkan dulu mumpung puasa,” kata dia.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga