Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

PT PII Luncurkan Program CSR Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

Foto: dok. Kemenkeu.

JAKARTA– PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII yang merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa Program Pemberdayaan Ekonomi untuk masyarakat desa. Program tersebut berkolaborasi dengan Rumah Zakat yang dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Desa Berdaya Karangmukti, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dan Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Seremonial Program CSR Desa Berdaya dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri oleh EVP Corporate Secretary & Communication PT PII Yunan Novaris yang mewakili Direktur Utama PT PII, Camat Bungursari Drs. Wawan Darmawan, M.Si, Pjs. Kepala Desa Manggungsari Eko Basuki, dan CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha, Jumat (23/12) lalu.

Yunan Novaris dalam  keterangannya menyampaikan bahwa program CSR ini merupakan bentuk komitmen PT PII dalam mendukung pemberdayaan masyarakat, khususnya di area-area terkait dengan proyek infrastruktur yang didukung oleh perusahaan.

“Kehadiran kami bukan hanya mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di daerah-daerah, namun juga kami berupaya untuk mengoptimalkan dampak sosial dan ekonomi di setiap area proyek yang kami dukung, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat untuk terus mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan sumber daya lokal daerah,” kata Yunan dikutip dari laman Kemenkeu, Senin (26/12).

Program CSR yang dilakukan fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Berdaya Karangmukti, Purwakarta melalui pemberdayaan perempuan pada usaha UMKM bidang agro ternak domba dan kuliner makanan basah. Sementara itu, di Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal dukungan diberikan dalam bentuk pemberian fasilitas mesin penggiling untuk kebutuhan UMKM petani beras.

Pj Kepala Desa Mangunsari Eko Basuki sebagai perwakilan pemerintah setempat menyambut bahagia bantuan yang diberikan oleh PT PII tersebut.

“Kami merasa bahagia dengan adanya program ini. Semoga harapannya desa kami lebih berdaya dengan hadirnya program CSR dari PT PII,” ujar Eko.

Rumah Zakat juga menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat desa. “Kami bersyukur dengan adanya kolaborasi ini. Semoga dengan program yang support oleh PT PII dapat menciptakan kemandirian masyarakat di Desa Berdaya Karangmukti, Purwakarta dan Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal. Terima kasih PT PII,” kata Irvan.

Desa berdaya merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat desa melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala yang mendorong ke arah kemandirian warga, capacity building, dan ekonomi yang dihadirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kehidupan masyarakat dalam bidang pembinaan dan ekonomi.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media