PSMTI Riau Gelar Peduli Donor Darah, Bupati Kepulauan Meranti Ikut Jadi Pendonor Darah

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil berfoto bersama sejumlah pengurus PSMTI Riau.

RIAU—Pengurus PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) baru saja sukses menggelar Donor Darah PSMTI Riau Peduli.

          Kegiatan sosial yang dilangsungkan selama dua hari, Sabtu (11/9) dan Minggu (12/9), di Lantai 3  Mal SKA, Pekanbaru tersebut berhasil mengumpulkan 746 Kantong Darah dan 14 Plasma Konvalesen yang langsung dibawa ke PMI (Palang Merah Indonesia) Pekanbaru.

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil ikut mendonorkan darahnya di hari kedua.

          Ketua PSMTI Provinsi Riau Stephen Sanjaya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada masyarakat Kota Pekanbaru dan kota lainnya di Riau yang telah mendonorkan darahnya.

          “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada donatur dan pihak sponsor. Terutama pihak Mall SKA yang telah menyiapkan tempat sehingga kegiatan sosial donor darah ini berjalan sukses tanpa ada kerumunan,” ujarnya.

          Yang lebih menggembirakan, tambahnya, target pengumpulan darah juga sudah tercapai. Dimana target PSMTI Riau hanya 500 kantong darah .

Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya (kedua dari kiri), Mantan Ketua sekaligus Penasihat Organisasi PSMTI Riau Peng Suyoto (paling kiri) dan pengurus lainnya mendonorkan darahnya pada hari pertama.

          Pada kenyataannya, hingga kegiatan ditutup pukul 17.05 WIB  ternyata sudah mencapai 764 kantong darah.

Selain kantong darah, Program PSMTI Peduli ini juga berhasil mengumpulkan 18 Plasma Konvalesen (PK) dari pendonor.

          “Namun setelah dilakukan ‘scanning’ yang bisa menyumbangkan plasma darah ini hanya 14 pendonor. Prosesnya langsung dilakukan PMI Pekanbaru,” kata Stephen lagi.

Salah seorang wartawan juga ikut mendonorkan darahnya.

          Stephen Sanjaya juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga untuk para pendonor yang mau berbagi dalam aksi kemanusiaan ini.

          Apalagi, PMI Kota Pekanbaru mengaku stok persediaan darah menipis setelah pemberlakuan PPKM tingkat IV.

          Yang mengejutkan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil pada Minggu (13/9) lalu diam – diam ikut serta menjadi pendonor darah pada kegiatan tersebut.

Bupati Muhammad Adil datang ke lokasi Donor Darah PSMTI Peduli dengan mengenakan busana santai, kemeja putih dipadu dengan celana pendek warna hitam.

          “Suatu kehormatan, Bapak Bupati Meranti ikut mendonorkan darahnya pada hari ini. Sebenarnya beliau sudah datang kemarin, tapi karena waktu itu antreannya lumayan banyak maka beliau tidak jadi donor. Dan hari ini kembali lagi. Terimakasih Pak Bupati,” kata Stephen Sanjaya.

Donor Darah Hari Pertama

Pada donor darah hari pertama, panitia berhasil mengumpulkan 334 kantong donor darah.

          Ada pun persiapan yang dilakukan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut, selama dua minggu menyebarkan google form pendaftaran di berbagai media sosial group yang ada. Seperti organisasi keagamaan, mahasiswa, ormas dan intern PSMTI Riau sendiri.

Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya (kedua dari kiri) secara simbolis menyerahkan cenderamata ke salah seorang pendonor.

Dengan penyebaran google form tersebut, Steven Sanjaya mengatakan animo warga sangat menggembirakan. Karena pendaftaran di google form yang sudah diterima hampir 700 orang.

Kegiatan dijalankan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Calon pendonor yang datang diatur sedemikian rupa untuk antri hingga selesai.

Pada momen tersebut, Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya, mantan ketua PSMTI Riau yang kini menjabat pengurus DPP PSMTI Riau Peng Suyoto beserta pengurus PSMTI lainnya juga melakukan donor darah langsung di hari pertamasebagai Wakil PSMTI Indonesia.

Suasana kegiatan Peduli Donor Darah PSMTI Riau.

          “Kepada masyarakat yang telah bersedia mendonorkan darahnya di hari pertama, kami memberikan souvenir bantal serta goodie bag yang berisi masker, handsanitizer, snack dan air mineral,” ujar Steven Sanjaya. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp