PSMTI Kalbar Gandeng Puskesmas Purnama Lakukan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Pimpinan PSMTI Kalbar berfoto bersama Kadiskes Kota Pontianak dr Sidig Handanu Widoyono, M.Kes dan Kepala Puskesmas Purnama Patricia Ami SKM.

PONTIANAK—PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Kalbar menggandeng Puskesmas Purnama pada Selasa (9/3) lalu melayani vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia di Sekretariat Yayasan Makmur Jalan Gajah Mada, Pontianak.

          Kerjasama ini dilakukan PSMTI Kalbar untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Salah seorang lansia sedang divaksin Covid-19.

          “Kami berkolaborasi dengan Puskesmas Purnama untuk memberikan pelayanan suntikan Vaksin kepada para Lansia di Kota Pontianak,” kata Sekretaris PSMTI Kalbar Marius Eddy Susanto.

          Pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh Kemenkes.

Sedangkan PSMTI Kalbar dan Puskesmas Purnama membantu dari segi fasilitas dan lokasi kegiatan vaksinasi Covid-19.

          Puskesmas menyediakan tenaga kesehatan dan proses vaksinasi. Sementara, PSMTI Kalbar menyediakan ruang bagi tenaga kesehatan untuk melayani vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia.

          Pada awalnya, PSMTI Kalbar hanya sekedar membantu para lansia untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19 ini. PSMTI Kalbar merasa terpanggil karena sebagian besar lansia kesulitan mengakses layanan pendaftaran melalui online.

          “Ini awal PSMTI Kalbar menjalin kerjasama dengan Puskesmas Purnama dalam melayani kelompok lansia untuk suntikan vaksin Covid-19,” ujarnya.

          Dalam memberikan vaksinasi ini, tenaga kesehatan dari Puskesmas Purnama akan melayani 40 orang lansia setiap harinya. Dan yang sudah terdaftar bersama PSMTI Kalbar sebanyak 165 orang.

          “Mudah-mudahan, dalam satu hari tenaga kesehatan bisa memvaksinasi 40 orang. Kita melayani suntikan vaksin ini disini selama 2 hari,” ujarnya.

          Sementara, Ketua PSMTI Kalbar Yo Nguan Cua menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 ini merupakan salah satu upaya PSMTI Kalbar membantu program pemerintah dalam memfasilitasi para lansia untuk ikut serta dalam kegiatan vaksinasi Covid-19.

Pimpinan PSMTI Kalbar bersama salah seorang lansia.

“Kita membantu para lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi Covid-19. Karena membludaknya lansia, kita mengarahkan lokasi penerimaan vaksinasi Covid-19 bagi para lansia disini,” kata Yo Nguan Cua.

          Diakui oleh Kadiskes Kota Pontianak dr Sidig Handanu Widoyono, M.Kes bahwa vaksinasi Covid-19 ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah saja. Namun juga oleh semua stakeholder seperti TNI, Pori, swasta, yayasan maupun masyarakat harus terlibat dalam program ini.

          “Ini merupakan contoh dari peran serta lembaga kemasyarakatan untuk membantu pemerintah memberikan vaksinasi kepada para lansia. Ini contoh yang baik, untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada PSMTI Kalbar,” kata dr Sidig Handanu Widoyono, M.Kes.

          Vaksinasi Covid-19 ini berada di bawah kendali pemerintah dan vaksinnya juga dari pemerintah secara gratis. Kemudian tenaga kesehatannya dari Pemkot Pontianak. Sedangkan PSMTI Kalbar hanya memfasiliatasi tempat dan mengorganisir sasaran sehingga tidak terjadi kerumunan dan kegiatan vaksinasi ini bisa berjalan lancar.

          Antusias para lansia untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 ini besar sekali. Namun Pemkot Pontianak harus mempersiapkan lokasi dan vaksinator karena proses vaksinasi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena ada proses screening yang lama dan proses monitoring sesudah vaksinasi.

          “Vaksinasi akan berjalan panjang sekitar 1 tahun. Targetnya, semua warga negara harus di vaksinasi. Kita mengharapkan kerjasama seperti ini dapat dilakukan oleh yayasan lainnya,” harapnya.

          Kepala Puskesmas Purnama Patricia Ami SKM mengatakan PSMTI Kalbar membantu Puskesmas Purnama untuk turut serta dalam pendaftaran bagi para lansia untuk ikut di vaksinasi.

          “Ini bentuk kepedulian PSMTI Kalbar membantu lansia mendaftarkan penerima vaksinasi secara online. Lansia yang menerima suntikan vaksinasi adalah mereka yang sudah mendaftar secara online,” kata Patricia Ami SKM.

          Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Pontianak Iwan Amriadi Amran menyampaikan bahwa vaksinasi ini upaya kita semua agar Kota Pontianak pada khususnya, Provinsi Kalbar pada umumnya bisa sesegera mungkin keluar dari periode pandemi Covid-19 ini. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp