Thursday, 18 April 2024

Search

Thursday, 18 April 2024

Search

PSMTI DKI Jakarta Gelar Festival Lentera 2024 yang Dihadiri 1.000 Orang

Pengurus PSMTI Jakarta dan pimpinan Marga – marga berfoto bersama.

JAKARTA—PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Provinsi DKI Jakarta bersama Departemen Marga-marga PSMTI Pusat menggelar Perayaan Festival Lentera 2024, di Golden Sense International Restaurant,  Mangga Dua Square, Jakarta, Rabu (28/2) malam lalu.

. KA-KI: Untung Chandra, Abraham Rudy, Henry Husada dan tokoh lainya.

         Acara yang dikemas secara menarik tersebut dihadiri oleh Kesbangpol (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) DKI Jakarta Taufan Bakri dan jajaran, Konselor Ma Gang dan Liu Jialong dari Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, pengurus  PSMTI Pusat dan DKI, Pimpinan Marga-Marga, pimpinan Kamar Dagang Tionghoa Indonesia dan pimpinan Sekolah Pelita.

Prof. Chairy, Johnnie Sugiarto, Ismanto Siauw dan istri, Joko Saputra dan istri, Tjia Apeng dan istri serta putrinya.

Lalu, sejumlah tokoh antara lain, Abraham Rudy, Li Zeqiang, Peng Suyoto, Untung Chandra dan hampir 1.000 orang dari Forum Pembauran Kebangsaan dan tamu lainnya.

Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakrie  menyampaikan rasa bangganya bisa berada di tengah-tengah warga Tionghoa dalam acara ini.

“Ini merupakan satu bentuk kehormatan kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Warga Tionghoa memiliki kontribusi yang besar bagi pembangunan di DKI Jakarta. Karena itu, kehadiran warga Tionghoa di Jakarta merupakan aset yang perlu dirawat dan dijaga,” ujarnya.

Perwakilan Marga Huang, Tantro Sugio, Efendy Hansen, Fandi W, Untung K Widjaja dan tokoh lainnya.

Lin Nengying, mewakili perkumpulan marga – marga menjelaskan tentang marga dan keturunan yang memiliki karakteristik luar biasa dari banyak orang Tionghoa yang telah bermigrasi ke luar negeri, ini merupakan jembatan dan pengembangan organisasi sosial dan asosiasi tradisional. Dan  PSMTI merupakan wadah dari semua Marga.

Ketua PSMTI DKI Jakarta Suwarno Hardjo Setio mengatakan acara ini adalah untuk berdoa bersama agar hubungan Indonesia dan Tiongkok semakin harmonis, mempererat kerjasama membangun ekonomi bangsa kedua negara dan pengusaha kedua negara.

Sopyan Wijaya, Handi, Abraham Rudy, Irman, Djoko Susanto, Suwarno Hardjo Setio dan tokoh lainnya.

Festival ini juga menjadi momen untuk mengenang tradisi keluarga dan kebersamaan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Tionghoa.

“Tujuan kita ada di sini, selain kebersamaan, juga untuk melestarikan budaya,” ucapnya.

“Festival ini adalah upaya untuk mempersatukan berbagai suku dan budaya di Indonesia. Lebih dari 30 suku turut hadir dalam festival ini, memperkaya dan memperluas pandangan akan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, sekaligus bersilaturahmi,” imbuhnya.

PSMTI DKI Jakarta bersama Departemen Marga-marga PSMTI Pusat dijadwalkan juga akan mengadakan “Indonesia’s 6th Qingming Ancestor Respect” (Sembahyang Leluhur Bersama Marga Marga) di minggu kedua April 2024.

Sekretaris Umum PSMTI Pusat Peng Suyoto menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta yang barhalangan hadir, namun menyampaikan salam hangat dan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

Ketua Marga Liauw – Liauw Se Siang (Amung) dan istri serta tokoh lainnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Muljadi Husen ucapkan terima kasih kepada Yang Xiuzhen, Li Zeqiang, Abraham Rudy, Zhang Zaijin, Peng Suyoto, Rao Xingsheng, Direktur Jakarta Pelita Trilingual School, Guo Aizhen dan seluruh panitia dan pihak yang ikut membantu terselenggaranya acara.

Festival Lentera berlangsung menarik karena ada pemberian lentera cantik kepada masing-masing pimpinan organisasi marga.

Panitia juga memberikan bingkisan  kepada anggota Forum Pembauran Kebangsaan yang mewakili provinsinya. Kehadiran mereka di acara ini mengenakan pakaian adat yang ada di seluruh Indonesia.

Kemudian berbagai hiburan disuguhkan seperti pertunjukan tarian daerah, seperti tarian Gatot Kaca dan Dayak. Selain itu, juga ditampilkan tarian dari negeri Tibet. bam

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media