Monday, 06 February 2023

Monday, 06 February 2023

PSI Minta Maaf Usai Disindir Megawati soal Calonkan Ganjar untuk Pilpres 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie minta maaf usai disindir Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, soal pencalonan Ganjar Pranowo untuk Pilres 2024 mendatang.

Megawati memang tidak menyebut nama partai partai politik yang mengusung kader PDIP itu untuk maju pada Pilpres 2024.

“Lah kok kayak gitu, gimana sih maunya. Emangnya enggak punya kader sendiri,” kata Megawati dalam pidatonya saat HUT ke-50 PDIP, di JIExpo Kemayoran Jakarta, Selasa (10/1).

Namun Putri Bung Karno itu tidak menyebut secara gamblang partai apa yang dimaksudnya dan siapa kader yang akan diusung oleh partai tersebut.

Menanggapi pernyataan Megawati, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, PSI meminta maaf kepada Megawati. Dia beralasan, bahwa pencalonan Ganjar Pranowo untuk capres di 2024, bukan bermaksud untuk mengambil kader Partai Banteng tersebut.

“Dalam kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, PSI meminta maaf kepada Ibu Mega. PSI partai muda, kami masih awam dan naif. Kami kurang memahami mekanisme rekrutmen di PDIP,” kata Grace dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (11/1).

Sebagai partai baru, kata Grace, PSI belum bisa melahirkan maupun mengusung calon presiden sendiri. Dia menyebut, partainya hanya menyalurkan aspirasi dari masyarakat dan para pendukung PSI yang menginginkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden selanjutnya berdasarkan hasil Rembuk Rakyat PSI.

“Dukungan terhadap Ganjar bukan berarti kami mengambil kader PDIP. Justru ini merupakan pengakuan dari kami bahwa senior kami telah menghasilkan para pemimpin hebat,” tuturnya.

“Kami paham bahwa apa yang disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dalam pidato di acara HUT ke-50 PDIP ditujukan ke PSI,” katanya menambahkan.

Oleh karena itu, siapapun nantinya yang akan diusung PDIP, merupakan pilihan yang terbaik untuk Indonesia.

“Sebagai sesama partai nasionalis, dan boleh disebut sebagai adik PDIP, kami akan selalu berjuang untuk kemajuan dan keutuhan NKRI,” ujar Grace.

Menurutnya, PDIP telah banyak melahirkan pemimpin dan negarawan yang hebat. Salah satunya, Presiden Jokowi. “Kami yakin bahwa PDIP akan mendukung kader-kader terbaiknya untuk melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi. Salah satu di antaranya Pak Ganjar,” jelasnya. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media