PSG Tetap Waspadai Kebangkitan Barca

PARIS –  Paris St. Germain (PSG) akan menjamu Barcelona di Parc des Princes pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (11/3) dinihari WIB. PSG berada di atas angin, tapi Barcelona tentu tidak akan menyerah.

Pada leg pertama di Camp Nou, Barcelona disikat PSG 1-4. Barcelona unggul lewat penalti Lionel Messi di menit 27, tapi PSG mencetak gol-gol balasan melalui hat-trick Kylian Mbappe (32′, 65′, 85) dan satu gol Moise Kean.

Di atas kertas, peluang PSG untuk lolos ke babak berikutnya lebih besar. Namun, masih ada duel penentuan di Paris ini, dan segala kemungkinan masih terbuka.

Barcelona punya sejarah membalikkan keadaan kontra PSG. Itu tersaji di babak 16 besar Liga Champions 2016/17. Barcelona kalah 0-4 pada leg pertama di Paris, kemudian menampilkan aksi comeback fantastis dengan kemenangan 6-1 pada leg kedua di Camp Nou.

Namun sekarang, situasinya terbalik, Barcelona akan bertandang ke markas PSG untuk coba membalikkan defisit agregat 1-4. Tentu bukan sesuatu yang mustahil bagi Barcelona.

Beberapa hari lalu, Barcelona telah membalikkan defisit agregat 0-2 lawan Sevilla di semifinal Copa del Rey dengan kemenangan 3-0 pada leg kedua. Sekarang, melawan PSG, Messi dan kawan-kawan siap berjuang untuk mewujudkan remontada yang kedua.

PSG sendiri  akan berjuang mati-matian demi juara Liga Champions musim ini. PSG tidak terpengaruh dengan kegagalan di final musim lalu.

Raksasa Prancis itu muncul sebagai pesaing sejak menjelma sebagai klub kaya raya yang mampu membeli pemain-pemain top. Akan tetapi, kiprah PSG tidak cukup meyakinkan usai empat kali terhenti di perempatfinal dan tiga kali kandas di babak 16 besar.

Barulah pada musim 2019/20, Les Parisiens berhasil mencapai final sekalipun harus puas menjadi runner-up usai ditekuk Bayern Munich 0-1.

Pelatih PSG Mauricio Pochettino mengungkapkan, timnya sudah melupakan kekecewaan di Lisbon. Pochettino optimistis dengan peluang juara PSG di Liga Champions musim ini.

 “Sudah jelas, ini adalah ambisi klub untuk juara (kompetisinya). Ada banyak tim lain yang ingin menjuarainya juga, jadi tidak mudah. Kami sadar dengan tanggung jawab kami, dan kami akan berjuang mati-matian untuk mencapainya,” ungkap Pochettino dikutip Marca. 

Terkait laga nanti, pria asal Argentina itu mengatakan siap mengamankan kemenangan, walau dia tahu Barca  merupakan tim kuat. “Kami menang di kandang mereka, kini saatnya kami harus mengamankan langkah ke babak selanjutnya. Tapi ingat, Barcelona sanggup melakukan apa saja. Maka, kami tidak boleh lengah sedikit pun,” kata Pochettino.

Neymar dilaporkan sudah pulih dari cedera.  Itu artinya lini serang  PSG semakin tajam. Neymar bersama Kylian Mbappe siap mengancam pertahanan Barca.

Di pihak lawan, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku menaruh perhatian besar pada laga itu. Pasalnya duel  ini menjadi laga penting karena itu merupakan pertandingan menentukan untuk lolos ke babak perempatfinal. Bahkan pelatih berpaspor Belanda itu tidak menyangkal  mengharapkan sebuah keajaiban.

“Kami harus bersiap untuk pertandingan itu. Saya tidak ingin mengatakan itu tidak mungkin, tetapi kami  ingin mendapatkan hasil yang baik ” ungkap Koeman, mengutip dari Marca.

Ia juga memilih realistis sekalipun timnya mampu membalikkan keadaan saat melawan Sevilla. “Soal comeback dari tertinggal 0-1 itu adalah hal lain tapi comeback dari tertinggal 1-4 itu adalah hal yang berbeda. Kami akan mendekati pertandingan dengan target menang. Tergantung bagaimana kelanjutannya kita akan lihat. Kalau kami memang tidak bisa, kami harus menerimanya dan melanjutkan langkah kami,” kata Koeman. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp