PSG Kalah dari City, Rekor Verrati Ternoda

Marco Verratti (tengah) saat melawan Manchester City. (foto: ist)

PARIS  – Paris Saint-Germain PSG ) tak berkutik  saat menjamu Manchester City di leg pertama semifinal Liga Champions 2020/2021. Padahal, pertandingan itu sangat ditunggu oleh Marco Verratti.

Gelandang 28 tahun asal Italia itu mencatat penampilan ke-344 bersama tim ketika dipasang sebagai starter di Parc des Princes, Paris, Kamis (29/4) dinihari waktu Indonesia. Verrattimenjadi pemain ketiga dengan jumlah penampilan terbanyak bersama PSG.

Pencapaian Verratti menyamai rekor Paul Le Guen dan Safet Susic (dua mantan pemain PSG yang eksis di era 1990-an). Tercatat, hanya Jean-Marc Pilorge (435 pertandingan) dan Sylvain Armand (380 pertandingan) yang jumlah penampilannya lebih banyak darinya.

Sayangnya, pada pertandingan itu Verratti tak mampu bicara banyak. Timnya takluk 1-2 setelah lebih dulu unggul melalui gol Marquinhos. Gawang PSG dua kali dijebol Manchester Citylewat aksi Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez setelah turun minum.

Sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di skuad, Verratti perlu membuktikan dirinya layak mempertahankan tempat utama. Gelandang kelahiran Pescara, November 1992, punya peluang membayar kegagalan dengan tampil cemerlang di leg kedua pekan depan.

Verratti diboyong PSG dari klub Italia Pescara pada tahun 2012. Sejak tiba di Paris, ia telah menyumbang 26 trofi, tujuh di antaranya merupakan gelar Liga Prancis (League 1). Namun, ia tentu membidik gelar Liga Champions pertama dalam kariernya, sekaligus pertama dalam sejarah klub.

Sementara itu, rekor penampilan terbanyak tak cuma jadi milik Verratti. Si pencetak gol PSG, Marquinhos, menjadi pemain Brasil dengan jumlah pertandingan paling banyak untuk Les Parisien. 

Marquinhos tercatat sudah melakoni 316 pertandingan, unggul satu laga di depan Thiago Silva yang pindah ke Chelsea. Marquinhos telah menyumbang 15 gol dari 200 penampilan di liga, 3 gol dari 27 penampilan di Coupe de France, dan 9 gol di ajang Liga Champions.  Ia gabung PSG pada 2013.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp