Prancis Tetap Pertahankan Deschamps

Didier Deschamps.

PARIS –  Kegagalan Prancis di ajang Piala Eropa 2020 tidak berpengaruh apa-apa terhadap Didier Deschamps. Federasi Sepakbola Prancis (FFF) telah mengambil keputusan terkait masa depan sang pelatih, yakni tetap mempertahankannya.

Pelatih berusia 52 tahun itu ditunjuk menangani Tim Ayam Jantan pada Juli 2012. Di bawah arahan Deschamps, Les Blues mencapai final Piala Eropa 2016 sebelum akhirnya merebut trofi Piala Dunia 2018.

Namun, saat dijagokan di Euro 2020 Prancis  justru rontok lebih awal.  Paul Pogba dan kolega secara mengejutkan disingkirkan tim nonunggulan Swiss di babak 16 besar usai kalah adu penalti 4-5 setelah berimbang 3-3 sampai extra time.

Kegagalan Prancis sempat meragukan masa depan Deschamps, apakah masih akan dipakai hingga Piala Dunia 2022. Hingga akhirnya, FFF memastikan Deschamps tidak akan lengser dari kursi pelatihnya.

Presiden FFF Noel Le Graet mengungkapkan bahwa pembicaraan dalam menentukan nasib Deschamps berlangsung supersingkat. “Jawabannya adalah iya. Kami sudah bertemu pada Hari Rabu dan menyelesaikannya dalam tiga menit. Hasrat dia untuk berlanjut kuat, dan begitupun dengan saya. Tidak ada yang diperdebatkan,”  kata Le Graet. seperti dikutip Marca.

Hanya saja, Deschamps harus benar-benar mengatasi persoalan ‘ego’ para pemain Prancis. Para pemain sering saling menyalahkan  dan merasa paling hebat. Apalagi sudah memberikan trofi dunia  bagi negara.

Dengan keputusan ini maka Zinedine Zidane  harus  menunggu untuk menggantikan Deschamps. Zidane diyakini menginginkan posisi pelatih timnas Prancis setelah meninggalkan Real Madrid di akhir musim 2020/21.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp