Prabowo Serahkan Pesawat CN235-220 MPA Buatan PT DI ke Angkatan Udara Senegal

Pesawat Buatan PT DI

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan pesawat karya anak bangsa berjenis CN235-220 MPA ke Angkatan Udara (AU)  Republik Senegal. Penyerahan itu dilakukan dari Hanggar Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Bandung, Kamis (18/3).

Menhan Prabowo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan instruksi kepada kementerian yang dipimpinnya agar membangkitkan PTDI sebagai pelopor pembuatan pesawat maupun helikopter.

Seperti diketahui bahwa PTDI pernah jadi pelopor dalam kebangkitan industri Indonesia pada medio 1990-an, tetapi akibat dinamika politik dunia, arah pengembangan PTDI mengalami berbagai macam rintangan. Akan tetapi, di tengah tantangan selama 20 tahun terakhir ini, PTDI berhasil bertahan dan masih berhasil untuk menjual produk si capung terbang.

“Presiden telah menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk mendorong PTDI dan industri pertahanan lainnya. Untuk bersungguh-sungguh mendukung agar PTDI bisa mengambil tempat sebagai pelopor kembali di Asia Tenggara bahkan Asia,” ujar Prabowo dalam keterangannya.

Di kesempatan yang sama, Chief of Air Force of Senegal Papa Souleymane SARR menyatakan Senegal telah menggunakan pesawat produksi PTDI selama 10 tahun. Menurut dia, pesawat ini merupakan yang ketiga.

Lebih jauh dia memaparkan, pesawat CN235-220 MPA adalah salah satu yang spesial karena digunakan sebagai patrol airplane, berbeda dengan dua pesawat yang sebelumnya. “Kami berharap mendapatkan kepuasan yang sama dengan yang dua pesawat sebelumnya,” kata KSAU Senegal itu.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp