Saturday, 15 June 2024

Search

Saturday, 15 June 2024

Search

Portugal Rilis Skuad untuk Piala Eropa 2024, Ada Ronaldo

Cristiano Ronaldo bersama beberaoa pemain Timnas Portugal.

LISBON – Portugal sudah mengumumkan skuad untuk berlaga di Piala Eropa 2024. Dua pemain senior yaitu Cristiano Ronaldo dan Pepe dipanggil oleh pelatih Roberto Martinez.

Martinez memanggil 26 nama pemain untuk menyongsong Piala Eropa 2024. Skuad ini kemungkinan besar adalah skuad final Selecao das Quinas di Euro 2024. Mengingat setiap negara mendaftarkan maksimal 26 pemain untuk ajang ini.

Nama-nama lama yang sebelumnya jadi andalan Portugal dipanggil oleh Martinez. Ruben Dias, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Pepe, dan Cristiano Ronaldo masih akan jadi tulang punggung Portugal.

Terkait Pepe dan Ronaldo, Piala Eropa 2024 bisa menjadi ajang besar terakhir keduanya bersama Portugal. Hal ini karena usianya keduanya tak muda lagi yaitu Pepe di usia 41 tahun dan Ronaldo kini menginjak 38 tahun.

Meski sudah termakan umur, tapi performa keduanya di musim ini memang masih layak untuk mengantarkan ke Piala Eropa 2024. Pepe masih menjadi pilar penting di lini pertahanan FC Porto. Sementara, Romaldo tetap tampil subur bersama Al Nassr dengan torehan 42 gol di semua ajang.

Martinez juga memberi kesempatan untuk para pemain muda Portugal yang bersinar di kompetisi lokal berlaga di Piala Eropa 2024. Goncalo Ignacio (22 tahun), Antonio Silva (20 tahun), Joao Neves (19 tahun), dan Francisco Conceiao (21 tahun) deretan pemain kuda yang dipanggil Martinez.

Khusus untuk Ronaldo, ia  masih cukup perkasa jadi mesin gol Timnas Portugal. Dirinya tokcer di babak kualifikasi Euro 2024 dengan mencetak 10 gol dan dua assist.

Dilansir dari Tribuna, Ronaldo jadi pemain pertama di Eropa yang tampil enam kali beruntun di ajang Piala Eropa. Itu adalah pada ajang Piala Eropa 2004, 2008, 2012, 2016, 2020 dan 2024.

Dimulai dari Piala Eropa 2004, ketika itu usia Ronaldo masih 19 tahun. Pencapaian terbaiknya adalah di ajang Piala Eropa 2016, Ronaldo sukses bawa Portugal menjadi kampiun. Sejauh ini ia sudah mencatatkan 25 penampilan di Piala Eropa dengan 14 gol dan sembilan assist.

Di Euro 2024 kali ini, bisa dibilang sebagai ‘last dance CR7’. “Ronaldo adalah seorang finisher, seseorang yang memahami kualitas pergerakan di dalam kotak penalti, dan merupakan ancaman yang luar biasa dan berpengalaman,” kata Martinez.

Ronaldo mengaku sangat bangga bakal kembali berlaga bersama Portugal di Piala Eropa. Ia mengungkapkan hal tersebut di akun media sosial miliknya disertai dengan fotonya memakai jersey Portugal. “Bangga bisa kembali membela Portugal di Euro. Ayo berika segalanya!” tulis Ronaldo.

Portugal pada Piala Eropa 2024 bakal tergabung di Grup F bersama Turki, Georgia, dan Republik Ceko. Tim Samba Eropa diprediksi bakal bisa mampu melaju mulus dari fase grup dengan skuad yang kini dimiliki.

Skuad lengkap Portugal,   Kiper: Diogo Costa (Porto), Jose Sa (Wolves), Rui Patricio (AS Roma). Bek: Antonio Silva (Benfica), Danilo Pereira (Paris St Germain), Diogo Dalot (Manchester United), Goncalo Inacio (Sporting), Joao Cancelo (Barcelona), Nelson Semedo (Wolves), Nuno Mendes (PSG), Pepe (Porto), Ruben Dias (Manchester City).

Gelandang: Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Neves (Benfica), Joao Palhinha (Fulham), Otavio Monteiro (Al Nassr), Ruben Neves (Al-Hilal), Vitinha (PSG) Penyerang: Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Al Nassr), Diogo Jota (Liverpool), Francisco Conceicao (Porto), Goncalo Ramos (PSG), Joao Felix (Barcelona), Pedro Neto (Wolves), Rafael Leao (AC Milan).***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media