International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

Portugal Lolos dan Incar Trofi Piala Dunia 2022

Selebrasi pemain Portugal usai Bruno Fernandes (kiri) memastikan kemenangan timnya atas Makedonia Utara.

PORTO – Portugal memastikan diri bakal tampil di Piala Dunia 2022,  menyusul kemenangan atas Makedonia Utara dengan skor 2-0 pada laga playoff kualifikasi yang
berlangsung  di Estadio Do Dragao, Rabu (30/3/) dinihari WIB. Bruno Fernandes menjadi bintang kemenangan setelah memborong dua gol Selecao das Quinas, yang dicetak di masing-masing babak.

Hasil ini membuat Portugal tidak pernah absen dalam enam edisi beruntun Piala Dunia. Namun, pencapaian terbaik mereka pada saat itu  hanya finis posisi keempat di Piala Dunia 2006.

Prestasi Portugal cukup  bagus semenjak dibesut Fernando Santos mulai September 2014. Portugal mampu menjadi juara Piala Eropa 2016 dan juara UEFA Nations League 2018/2019.

Santos pun kini mengincar gelar ketiga bersama Portugal. Tak main-main, pelatih berusia 67 tahun itu membidik trofi Piala Dunia 2022. “Satu-satunya mimpi yang saya miliki adalah memenangkan kompetisi ketiga. Saya sudah memenangkan dua, sekarang saya memimpikan Piala Dunia,” kata Santos kepada RTP3.

Diakui Santos kemenangan Portugal atas Makedonia Utara tidak didapat dengan mudah. Dia mengapresiasi kerja keras para pemain.

“Selamat kepada para pemain atas sikap fantastis yang mereka miliki. Tim Makedonia Utara ini tidak seperti yang orang lain pikirkan, mereka tahu cara bermain. Itu bisa terlihat dalam sepuluh menit pertama, kami kesulitan mengontrol permainan. Tapi dengan semangat fantastis dan kreativitas para pemain, dan dukungan fantastis dari publik, kami berhasil. Kemenangan itu adil dan pantas. Kami berada di Piala Dunia, beruntungnya 11 juta orang Portugis,” ujarnya.

Nama BrunoFernandes disanjung melebihi kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, yang hanya mencetak satu assist. Namun, Fernandes merendah dan mengatakan kemenangan tim lebih penting ketimbang apa pun.

“Yang terpenting adalah Portugal menang. Semua orang punya ambisi, tak terkecuali Cristiano dan saya. Biasanya dia mencetak gol dan saya membantu, tapi kali ini sebaliknya.

Bagi saya, hal terpenting adalah membantu tim, jika memungkinkan dengan gol. Tentu kita semua suka mencetak gol di setiap pertandingan, entah itu pertandingan yang paling penting atau yang paling tidak penting,” kata Fernandes dilansir dari Metro.

Dengan dua golnya itu, kini pemain berusia 27 tahun tersebut telah membukukan delapan gol dari 42 penampilannya bersama Portugal. Dua gol ke gawang Makedonia Utara itu terjadi berkat strategi yang diberikan sang pelatih kepadanya.

“Saya mengingat ide pelatih kami dan mungkin itulah mengapa saya mencetak dua gol ini. Saya meraihnya dari melakukan apa yang diminta pelatih dari saya,” lanjut mantan pemain Udinese itu.

Ronaldo sendiri mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan rakyat Portugal.
“Tujuan tercapai, kami berada di Piala Dunia Qatar, kami berada di tempat yang tepat. Terima kasih kepada semua orang Portugis atas dukungan yang tak kenal Lelah. Forca Portugal!” tulis Ronaldo di Instagram pribadinya.

Piala Dunia di Qatar bisa jadi menjadi kesempatan terakhir Ronaldo untuk merasakan gelar dunia. Mengingat saat ini sudah berusia 37 tahun, nyaris mustahil CR7 bisa tampil bersama Portugal di Piala Dunia selanjutnya pada 2026.

Namun,  ia belum memberikan sinyal pensiun membela Timnas Portugal selepas Piala Dunia 2022. Dia malah kesal saat jelang melawan Makedonia Utara ditanya soal masa depan.

“Saya sudah mulai dapat pertanyaan yang sama berkali-kali. Sayalah yang akan menentukan masa depan saya, bukan orang lain. Jika saya merasa ingin bermain lebih banyak, saya akan bermain. Jika tidak, saya tidak bermain. Saya yang bertanggung jawab, titik,” kata Ronaldo.

Timnas Portugal bukanlah satu-satunya wakil Eropa yang mendapatkan satu tiket ke Qatar di laga playoff kualifikasi. Pada pertandingan lainnya, Polandia berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 usai membungkam Swedia dengan skor 2-0.

Dengan demikian,  sudah 27 negara sudah lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.  Dari benua Afrika, Senegal mampu melewati hadangan Mesir. Nigeria juga harus kandas, setelah dibungkam Ghana. Dua tim Amerika Latin, Chile dan Kolombia gagal melaju ke Piala Dunia kali ini. Dua tim tersebut kalah, membuat Uruguay dan Ekuador yang lolos.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga