International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Polri akan Tindak Tegas Pihak yang Repacking hingga Palsukan Dokumen Terkait Minyak Curah

Kapolri Listyo Sigit Prabowo konferensi pers usai melakukan evaluasi bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, di Gedung Mabes Polri, Senin 4 April 2022.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan menindak tegas pihak yang berbuat curang dengan melakukan repacking hingga memalsukan dokumen terkait minyak goreng curah.

Dalam rapat evaluasi bersama Kemenperin, Listyo menyebut, ditemukan adanya modus repacking atau pengemasan ulang hingga pemalsuan dokumen terkait minyak goreg curah.

“Tadi disampaikan pak Menteri modus-modus repacking mengemas ulang, saat ini banyak muncul jenis merk baru yang selama ini tidak ada di pasar ini juga akan kami pantau. Lalu menggeser daei kebutuhan curah ke industri ini juga akan kita tindak tegas. Memalsukan dokumen, sehingga kwmudian dapatkan bayaran subsidi yang tidak sesuai dengan realitas produksi ini akan kita tindak tegas,” kata Listyo dalam konferensi pers usai melakukan evaluasi bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Gedung Mabes Polri, Senin (4/4).

Tindakan tegas itu, kata Listyo, bertujuan untuk memastikan terjaminnya ketersediaan minyak goreng curah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta harga penjualannya sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“Sehingga kita ingin memastikan semuanya berjalan dengam baik. Pemerintah sudah mengambil kebijakan, memberikan subsidi, memerikan BLT. Dan saya minta pelaku usaha juga melaksanakan kewajiban dengan baik,” ujarnya.

Kapolri Listyo berharap, di momentum bulan Ramadan ini segala kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng dapat tersedia. “Sehingga kebutuhan masyarakat khususnya hadapi Ramadan, dimana aktivitas dan kebutuhan untuk minyak meningkat betul-betul tersedia,” katanya.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga